Ketua DPRD Payakumbuh Dilantik, Masyarakat Gantungan Harapan

Pimpinan DPRD Payakumbuh saat diambil sumpah.

Pimpinan DPRD Payakumbuh saat diambil sumpah.

PAYAKUMBUH,PADANGTODAY.COM-Keputusan Gubernur Sumatera Barat tertanggal 8 Oktober 2014 telah memutuskan bahwa Yendri Bodra Dt Parmato Alam, Suparman SPd, dan H Wilman Singkuan SSos MM, selaku Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh.

Dalam SK Gubernur itu disebutkan, sejak diambil sumpahnya dan janjinya selaku pimpinan DPRD Payakumbuh oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh Yudissilen SH MH, maka sah ketiga pimpinan DPRD itu menjabat selaku Ketua dan Wakil Ketua.

”Kita seluruhnya tentu berharap dengan telah dilantiknya unsure pimpinan ini, akan lebih meningkatkan kinerja DPRD sebagai institusi demokrasi dan mitra setara bagi pemerintah Kota Payakumbuh dalam melaksanakan pembangunan,” Walikota Payakumbuh dalam pidato resminya di hadapan 25 anggota DPRD, Muspida, undangan resmi dan masyarakat yang hadir di Aula DPRD, Selasa (14/10) pagi.

Juga hadir dalam Peresmian Pimpinan DPRD itu, DPRD Sumbar, seluruh anggota DPRD Payakumbuh, Muspida dan hadirin lainnya; pimpinan partai, LSM, dan unsure masyarakat. Namun, yang menjadi perhatian dan kehormatan, hadirnya 4 mantan pimpinan DPRD Payakumbuh; H Suhaimi Birran, H Jendrial, Abdul Khair, dan H Asmadi Taher.

Menurut Walikota Payakumbuh Riza Falepi, dalam artian bahwa antara eksekutif dan legislatif mempunyai kedudukan yang sama dan sejajar sehingga tidak saling membawahi satu sama lain. Eksekutif dan legislatif juga memiliki hubungan kemitraan, dimana keduanya bukanlah lawan atau pesaing dalam melaksanakan fungsi masing-masing, tetapi merupakan hubungan kerja yang saling mendukung satu sama lain, sesuai peraturan dan perundang-undangan.

Peresmian yang diawali dengan membacakan SK Gubernur Sumbar itu dibacakan oleh Sekretaris DPRD Drs H Atur Satria. Ketiga orang Pimpinan DPRD; Ketua YB Dt Parmato Alam, Wakil Ketua Suparman SPd, dan Wakil Ketua H Wilman Singkuan SSos MM kemudian mengambil tempat untuk membacakan sumpah dan janji pimpinan. Sumpah dan janji ini dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Payakumbuh Yudissilen SH MH.

Kidmat dan sukses, penyelenggaraan peresmian dan sumpah/janji pimpinan ini tidak lepas dari kinerja Sekretariat yang dikomandoi H Atur Satria. Sidang paripurna yang dibuka oleh Ketua Sementara YB Dt Parmato Alam ini dibuka kemudian dengan pembacaan AlQuran dan saritilawah dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Ketua Bundo Kanduang Koto Nan Gadang, Payakumbuh Yulmi Desnetti mengatakan bahwa harapan masyarakat khususnya kaum perempuan agar aspirasi mereka kini dijemput dan didengarkan. Aspirasi, dalam pemikiran Bundo Kanduang ini menjadi harapan yang mendalam oleh masyarakat.

Ketua DPC Partai Gerindra Payakumbuh H Nusirwan meminta agar kinerja untuk DPRD periode ini benar-benar dilaksanakan dengan baik. Jangan pernah lalai. Sebab, kini masyarakat kian kritis. Buktikan bahwa DPRD adalah lembaga legislatif yang mumpuni.

Mantan Ketua DPRD Kota Payakumbuh 2004-2009 H Jendrial yang hadir di Rapat Paripurna Istimewa itu berharap banyak dengan DPRD periode ini. Diharapkannya bahwa kinerja dewan harus benar-benar untuk kesejahteraan masyarakat. Jangan lagi ada protes publik yang mengatakan bahwa lembaga legislatif ini tidak pro kepada masyarakat.

Akademisi Universitas Andalas Syaiful Anwar SH MSi mewakili Rektor Unand, mengatakan harapan dunia pendidikan tertumpang pada kinerja DPRD. Sebab, untuk kebijakan dan program pemerintah, hanya bisa dikawal oleh DPRD sebagai mitra pemerintah. Unand yang kian memantapkan dunia pendidikan di Payakumbuh, berharap agar cita-cita kampus Unand di Payakumbuh terus terbangun.

”Saat ini, Unand di Payakumbuh telah memasuki level terbaik di Sumbar. Banyak akademisi terkejut, sebab kualitas pendidikan di Unand Payakumbuh diakui saat ini berkualitas tinggi. Ini justru disebabkan oleh sikap lokal di Payakumbuh yang turut menjaga dan meninggikan harkat berpendidikan para mahasiswa dan akademisi,” ujar Syaiful Anwar yang mantan komisioner KPU Limapuluh Kota ini. (malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas