Khatam Alquran SD Negeri 17 Payakumbuh Bangkitkan Semangat Pendidikan

Pelaksanaan khatam alquran di SD Negeri 17 Payakumbuh, Rabu (25/5/2016).

Pelaksanaan khatam alquran di SD Negeri 17 Payakumbuh, Rabu (25/5/2016).

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Maju mundurnya suatu bangsa itu tergantung dengan bagaimana pengelolaan dunia pendidkan itu dilaksanakan dan mencetak putra-putri terbaik yang akan menjadi pemimpin masa datang. Agaknya semangat itulah yang diadopsi oleh SD N 17 Payakumbuh.  Dibawah kepemimpinan Eliwarnis, sekolah ini sudah berusaha membuat inovasi yang terbaik.

Pada Rabu (25/5) lalu, SD Negeri 17 Payakumbuh tersebut melaksanakan Khatam Alquran yang diikuti oleh 29 siswa kelas enam pasca ujian nasional dan wisuda iqra yang diikuti sebanyak 32 orang.

Acara tersebut dibuka oleh Kadis Diknas Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Kabid TK-SD  Diknas Payakumbuh Bapak Dasril SPd.MPd. Gelaran Khatam Alquran itu juga dihadiri Kepala Kelurahan Kepala Koto Dibalai (gabungan Keluran Baru, Bunian, Koto Baru, Balai Baru) dan segenap wali murid peserta khatam Alquran dan wisuda Iqra.

Kabid  TK-SD Bapak Dasril SPd, MPd pada kesempatan itu mengatakan bahwa SD Negeri  17 Payakumbuh adalah salah satu sekolah yang selalu rutin mengadakan kegiatan khatam alquran dan wisuda iqrak setiap tahunnya .

“Bahkan Kegiatan ini sudah menjadi ikon yang tidak bisa dipungkiri dari sekolah ini  yang patut dicontoh oleh sekolah-sekolah lainnya di kota Payakumbuh,” ujar mantan pengajar di SD Negeri 17 Payakumbuh tersebut.

Sementara itu Kepala SD Negeri 17 Payakumbuh Ibu Eliwarnis, SPd megatakan sekolah tersebut mengalami sejumlah peningkatan.

“Jumlah murid kita di sekolah ini sebanyak 210 orang, tenaga pengajar  sebanyak 5 orang yang PNS dan 2 orang honorer dibantu 1 orang tenaga admistrasi,” ungkap sang kepala sekolah bangga.

Lebih lanjut Ibu Eliwarnis, SPd mengatakan kondisi sekolah sangat mendapat dukungan penuh dari semua orang tua wali murid. Belum lagi dengan lingkungan yang nyaman sebagai penunjang proses belajar dan mengajar yang baik di sekolah ini.

“Disamping itu kami juga berharap pemerintah kota untuk dapat melengkapi sarana dan prasarana di sekolah ini terutama ekses jalam masuk sekolah dan WC yang kurang mencukupi  berdasarkan kebutuhan jumlah murid, imbuh kepala sekolah ini yang diamini oleh salah seorang guru senior Ibu Susi Afrita, SPd.

Kepala Kelurahan Kepalo Koto Dibalai, Bapak Junaidi, ST mengatakan bahwa dari sekian banyak sekolah  di kelurahan, sekolah yang kerap diisi dengan kegiatan proses belajar cukup baik dan mempunyai kegiatan ekstra cukup tinggi  adalah SD Negeri 17 Payakumbuh.

“Didukung oleh seluruh elemen terkait, kami dari pihak perintahan akan mencoba  memfasilitasi persoalan akses jalan menuju sekolah ini, baik dengan pemerintah kota maupun pihak lainnya,” ucap Kepala Kelurahan Bapak Junaidi, ST memberi harap.

Sebelum acara dilangsungkan, peserta Khatam Alquran SD Negeri 17 Payakumbuh diarak mengitari jalan lingkaran pasar Payakumbuh terlebih dahulu yang diiringi dengan tim drumband SD Negeri 17 Payakumbuh sendiri.

Usai kegiatan tersebut, dilaksanakan lomba sebagai salah satu rangkaian acara. Dewan juri membacakan nama Asherina Sahara sebagai pemenang dari lomba baca Alquran tersebut.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*