KKN STAIDA Payakumbuh Angkatan VII Berakhir Sukses

Limapuluh Kota-Sejumlah Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Darul Qur’an (STAIDA) Payakumbuh menjalani kuliah kerja nyata (KKN) selama kurang lebih empat puluh hari di Tanjuang Bungo Nagari Situjuah Gadang, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota. Para peserta KKN STAIDA Payakumbuh angkatan VI ini melaksanakan pengabdian kepada masyarakat mulai dari 29 April 2019 s/d 10 Juni 2019.

Kegiatan KKN yang terdiri dari mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab dan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir itu, mengambil momentum Ramadhan, agar lebih banyak bersama masyarakat dan jemaah tarweh. Tema yang diusung dalam KKN kali ini yaitu “Membumikan al-Qur’an, Membangun Nagari”, Tema tersebut sangat cocok dalam peningkatan iman dan taqwa umat Islam dan masyarakat nagari secara luas. Makanya selama Ramadhan, mahasiswa diharapkan berperan aktif di masjid, mushalla dengan menghidupkan aktifitas keagamaan ditengah-tengah nagari, kata ketua STAIDA Payakumbuh Ahmad Deski, S.S.I., M.A.

Disamping itu Ahmad Deski juga menyampaikan momentum KKN  juga bagian dari sosialisasi keberadaan STAIDA Payakumbuh sebagai perguruan tinggi Ilmu Alqur’an pertama dan satu-satunya di Luak Limopuluah. Kemampuan mahasiswa STAIDA dalam berdakwah, dapat dikatakan cukup baik, dan InsyaAllah tidak mengecewakan. Karena, selama menekuni pendidikan di STAIDA seluruh mahasiswa belajar sambil berpraktek dalam menyampaikan Ilmu-Ilmu al-Qur’an, dengan banyaknya mahasiswa terjun ke tengah masyarakat, makin  terbuka hati orang tua memotivasi putera-puterinya melanjutkan kuliah di STAIDA Payakumbuh.

Disisi Lain Walinagari Situjuah Gadang Syofiarledi didampingi Kepala Jorong Tanjuang Bungo Efrizal dalam sambutannya pada acara penjemputan mahasiswa KKN STAIDA Payakumbuh Angkatan VI (10/06/2019) menyampaikan kehadiran mahasiswa STAIDA Payakumbuh di Nagari Situjuah Gadang sangat membantu tugas Pemerintahan Nagari dalam Membina Masyarakat Nagari terutama dalam Bidang keagamaan, dalam kesempatan Syofiarledi juga menyampaikan walaupun kegiatan KKN sudah berakhir diharapkan mahasiswa dan keluarga besar STAIDA Payakumbuh tetap saling bekerjasama dengan pemerintahan nagari untuk mewujudkan nagari yang madani.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas