Lebaran di Kota Pariaman

Photo Ilustrasi Lebaran di Kota Pariaman

Padang-today.com__Memasuki H-2 Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, ratusan mobil perantau Pariaman dan Padangpariaman sudah lalu-lalang di jalanan. Dalam pantauan wartawan sejak tadi malam hingga siang ini, Rabu (13/6), mobil-mobil seperti plat BM dari Riau, D dari Bandung, B dari Jakarta, F dari Bogor, BK dari Sumut dan beberapa plat BD dan BG dari Bengkulu dan Palembang.

Kasatlantas Polres Pariaman Iptu Fitri Dewi Utami memperkirakan lonjakan kendaraan pemudik akan terus meningkat hingga Jumat (15/6) mendatang. Dari pantauan jajarannya di Simpang Kuraitaji Pariaman dan Gasan Ketek Batas Agam dan Padangpariaman, jumlah perantau yang pulang kampung menggunakan mobil pribadi mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

“Lonjakan pemudik menggunakan kendaraan pribadi tahun ini meningkat dari tahun lalu. Hingga Jumat depan akan terus meningkat,” ujarnya.

Lonjakan mudik lebaran 2018 di Pariaman tidak terlepas dari panjangnya masa cuti bersama dan liburan kenaikan kelas anak sekolah. Libur sekolah malahan hingga 9 Juli mendatang dan cuti bersama hingga 21 Juni yang dimulai sejak 9 Juni lalu.

Randi (41) perantau asal Kota Pekanbaru, Riau, mengaku sudah pulang kampung ke Pariaman sejak 10 Juni lalu. Ia bersama teman-teman beserta kerabatnya konvoi hingga tujuh mobil pribadi.

“Akan ada lagi 10 mobil yang akan nyusul malam ini (13/6). Kita perantau Piaman (Pariaman-Padangpariaman) di Riau sangat banyak. Ratusan ribuan lah kira-kira dan mayoritas mereka pada pulang kampung,” ujarnya di salah satu tempat pencucian mobil di Pariaman.

Menurut Kasiran, salah satu pemudik mengatakan, lebaran tahun ini ia akan lebih lama di Pariaman mengingat anak-anak mereka pada libur panjang sekolah. Pria yang berprofesi pedagang ini tak perlu buru-buru kembali ke Pekanbaru sebagaimana lebaran tahun sebelumnya.

“Lebaran tahun kemaren kepepet. Mau lama-lama gak mungkin karena anak-anak pada mulai sekolah, kan,” jelasnya.

Dipihak lain, Syahringki (37). Ibu tiga anak asal Padangpariaman ini sudah 11 tahun merantau di Jakarta. Ia dan suaminya pekerja profesional di perusahaan swasta asing dengan gaji puluhan juta per bulannya.

Ringki panggilan akrabnya, lebih memilih liburan lebaran 2018 menggunakan transportasi pesawat terbang ketimbang menggunakan mobil pribadinya. Tiket bersama suami dan ketiga anaknya telah ia pesan jauh hari sebelumnya hingga ia tiba di Pariaman 12 Juni lalu.

“Jauh hari kita juga sudah rental mobil di sini. Takut bawa mobil dari Jakarta ke Pariaman, lagian juga belum pernah. Sejak cuti, kita belanja oleh-oleh dahulu buat ayah dan ibu, mandeh, sepupu, keponakan dan bingkisan buat teman-teman. Nyampai di kampung puas rasanya kita bisa bantu dunsanak,” ujarnya.

Selama liburan di Pariaman ia mengaku akan mengunjungi sejumlah lokasi wisata. Tak lupa mengunjungi Pulau Angsoduo dan Pulau Tangah. Ia juga berencana akan mencoba snorkeling di pulau-pulau tersebut.

“Iya, ita akan puas-puasin lebaran kali ini. Wisata Pariaman itu kan keren sekarang. Kita berharap akomodasi ke pulaunya aman,” pungkasnya. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*