Komisi C DPRD Payakumbuh Tinjau Irigasi yang Runtuh

Ir Ahmad Zifal Ketua |Komisi C DPRD Kota Payakumbuh.

Ir Ahmad Zifal Ketua |Komisi C DPRD Kota Payakumbuh.

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Irigasi Tanjuang Anau yang terletak di Kecamatan Payakumbuh Utara runtuh dan menimbun gorong-gorong dipangkal jembatan. Akibatnya, 115 hektar sawah masyarakat setempat tidak bisa diairi. Masyarakat setempat, mengeluhkan kondisi irigasi itu. Karena akan berakibat terhadap pertanian mereka.

Mendapat laporan dari masyarakat, Komisi C DPRD Payakumbuh datang meninjau irigasi tersebut, Selasa (19/1). Ketua Komisi C Ahmad Zipal, mengatakan, laporan yang disampaikan masyarakat ini telah diteruskan ke Dinas PU Payakumbuh.

“Laporan ini sudah kami teruskan ke Dinas PU Payakumbuh. Bahkan Kabid Pengairan Muslim, juga ikut melihat irigasi yang runtuh ini. Ternyata, irigasi yang jebol ini adalah proyek Provinsi,” ujarnya.

Menurut Ahmad Zipal, pihak Provinsi juga sudah turun meninjau irigasi itu. Pihak Provinsi juga berjanji untuk memperbaiki akhir Januari nanti. “Pihak Dinas PU Provinsi sudah turun meninjau bersama DPRD Provinsi. Kewenangan kita disana hanya sebagai mendengarkan laporan dari masyarakat. Sebagai wakil rakyat, kita wajib menindak lanjuti pengaduan dari warga kita,” tambahnya.

Selain meninjau irigasi yang runtuh itu, Komisi C DPRD Payakumbuh juga mengunjungi Puskesmas Pembantu (Pustu) Limbukan. Di Pustu itu, Komisi C menerima permintaan dari bidan yang bertugas untuk bisa memasukan anggaran perbaikan jalan, kamar mandi dan pengecatan ulang Pustu.

“Untuk permintaan yang disampaikan bidan Pustu itu, kita sudah sampaikan kepada pihak Dinas Kesehatan Payakumbuh untuk membuat anggarannya. Karena kita hanya sebagai legislasi saja,” kata Ahmad Zipal.

Dikatakannya, dalam waktu dekat Komisi C akan segera menyikapi hal yang di dapatkan dalam kunjungan lapangan. “Hasil kunjungan lapangan Komisi C nantinya, kami harapkan Dinas terkait bisa menindak lanjutinya. Karena ini, menyangkut pembangunan dan aset Kota Payakumbuh,” pungkasnya.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas