Komisioner dan Sekretariat KPU Payakumbuh Bersiap, Dipa: Fisik dan Mental

Sekretaris KPU Payakumbuh Dipa Surya Persada SSTP MM

Sekretaris KPU Payakumbuh Dipa Surya Persada SSTP MM

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-”Kami siapkan fisik dan mental bekerja untuk Pemilihan Kepala Daerah 15 Februari 2017. Personil Sekretariat, seluruhnya telah siap bekerja sesuai dengan jadwal yang segera dikeluarkan.”

Kesiapan Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuh itu disampaikan oleh Sekretaris KPU Dipa Surya Persada SSTP MM di ruangannya di Kantor KPU. Alumni IPDN ini memang tergolong masih muda dengan jabatan yang diembannya. Namun, pria tegap berkarakter ini punya prinsip, bahwa tidak ada pekerjaan yang berat jika dilakoni dengan ulet dan sesuai aturan.

Sekretariat KPU Dipa Surya Persada SSTP MM bersama dengan Kepala Sub Bagian Hukum Gustina SH, Kepala Sub Bagian Umum Jamilus, Kepala Sub Bagian Program dan Data Rori Ade Putra SIP, Kepala Sub Bagian Teknis Yuni Asdi, mengaku siap menjalankan tugas memberikan pelayanan kerja bagi Anggota KPU serta secara administratif bagi sukses dan lancarnya Pilkada Serentak Rabu, 15 Februari 2017.

Tentu, tahapan-tahapan Pilkada Serentak ini harus ditempuh. Menurut draf Peraturan KPU-RI, Rekrutmen PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) pada tanggal 16 Juni-15 Juli.

Lalu, pendaftaran calon perseorangan pada tanggal 1-8 Agustus. Pendaftaran paslon ke KPUD pada 13 September 2016.

Selanjutnya, pencocokan serta penelitian (Coklit) data pemilih berlangsung pada tanggal 25 September sampai 24 Oktober 2016.

Penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap) pada 5-6 Desember 2016. Penetapan Paslon oleh KPUD pada tanggal 11 Oktober 2016 dilanjutkan dengan tahapan masa kampanye pada tanggal 14 Oktober sampai  2016 sampai 11 Februari 2017.

Masa tenang 12- 14 Februari 2017, dilanjutkan sehari berikutnya pada 15 Februari 2017 sebagai hari puncak dari tahapan Pilkada; tahapan pungut dan dilanjutkan hitung suara.

Komisioner Bersiap

Komisioner KPU Kota Payakumbuh, yang juga berkantor di gedung sendiri Jl. RKY. Rasuna Said Kelurahan Balai Nan Tuo Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh. Lima komisioner ini: Anggota KPU Divisi Hukum & Pengawasan Ade Jumiarti Marlia SIP, Divisi Logistik, Umum, Keuangan dan Bagian Rumah tangga Haidi Mursal SP, Ketua Hetta Manbayu SH, Divisi Perencanaan dan Teknis Penyelenggaraan Pemilu Muhamad Khadafi, Anggota KPU Divisi Sosialisasi Yuzalmon SAg MSi menyatakan kesiapannya.

”Selaku komisioner KPU, kami menanti aturan perundang-undangan diselesaikan KPU RI bersama DPR RI. Alas aturan utama, yakni revisi UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah sedang kita tunggu finalnya. Sementara, draf PKPU pun menanti rampungnya UU ini,” ujar Ketua KPU Hetta Man Bayu di Kantornya di hari yang sama.(dsp)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas