Komunitas Batu Akik Hadir di Tanahdatar

batuTANAHDATAR,PADANGTODAY.COM-Tingginya peminat dari batu akik ini, maka diperlukan komunitas yang dapat menghimpun para pengerajin dan pencinta batu akik di Tanah Datar.Demikian Bupati Tanahdatar M Shadiq Pasadigoe saat membuka pertemuan dan silaturahmi antar pengrajin batu akik dengan Pemerintahan Kabupaten Tanadatar di Gedung Indo Jolito.

Advertisements

“Di Kabupaten Tanahdatar juga mempunyai daerah penghasil bahan batu akik yang di yakini bermutu tinggi dan mampu bersaing dengan batu akik dari daerah lain,”ujar Shadiq.

Disebutkan, nagari yang mempunyai potensi sebagai penghasil  batu akik seperti di seperti Sialahan Kecamatan Pariangan, Padang Magek kecamatan Rambatan, Malalo kecamatan Batipuh Selatan, Tabek Patah kecamatan Salimpaung , Padang Ganting kecamatan Padang Ganting dan beberapa nagari lainnya.

“Perkembangan dari usaha batu akik turut mengangkat perekonomian dari para pengrajin batu akik dibeberapa daerah  pesatnya, maka potensi ini harus dapat ditanggapi dengan serius. Saya menyarankan Kedepannya diadakan pameran batu akik di Tanah Datar karena batu akik asal Tanah Datar tidak kalah dengan batu akik yang berasal dari daerah lain, pameran ini bisa diadakan di Gedung Nasional Maha Rajo Dirajo maupun di objek wisata Istano Pagaruyung, sehingga orang datang ke Tanah Datar untuk mencari batu akik yang baik sekaligus berwisata,”ulas Shadiq

Untuk penunjang dan perencanaan ini dibuthkan satu  organisasi pencinta batu akik,dengan demikian pemda Tanah Datar bisa membantu masyarakat pengerajin melalui organisasi tersebut. Tingginya pencinta batu akik ini sekaligus juga dapat menampung tenaga kerja dan dapat mengurangi pengangguran.

Ketua DPRD Zuldafri Darma juga menyampaikan hal sama, Zuldafri Darma sangat mendukung untuk dibentuk komunitas batu akik yang resmi sehingga sangat mudah untuk mengkoordinir pencinta batu akik di Tanah Datar.

Maka pada kesempatan itu langsung dipilih ketua organisasi pencinta batu akik, secara aklamasi terpilih Hendri.N sebagai ketua umum dan dipilih formatur sebanyak 14 orang,  satu orang perkecamatan plus ketua terpilih sebagai ketua formatur.(romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*