Kondisi Ekonomi Masih Menjadi Kekhawatiran Utama Bagi Konsumen Indonesia

Ekonomi

Perekonomian Menurun

Advertisements

PADANGTODAY.COM-Keyakinan konsumen Indonesia di kuartal IV 2014 masih tercatat yang tertinggi kedua di dunia, dengan skor 120. Sama halnya dengan konsumen Filipina. Sementara konsumen India, menurut survei Nielsen, menjadi konsumen paling optimis di dunia dengan skor 129.

Survei tersebut memotret terjadinya penurunan keyakinan konsumen Indonesia akan kondisi perekonomian nasional. Utamanya usai kebijakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di penghujung 2014.

“Kita melihat penurunan signifikan untuk Indonesia dan pola ini berulang kali terjadi setiap kali ada kenaikan BBM. Namun secara umum tingkat keyakinan konsumen rekatif stabil,” ujar Managing Director Nielsen Indonesia Agus Nurudin melalui siaran pers di Jakarta, Jumat (6/2).

Kondisi ekonomi masih menjadi kekhawatiran utama bagi konsumen Indonesia. Pada akhirnya, kekhawatiran konsumen ini justru berdampak buruk bagi perekonomian nasional dewasa ini.

Survei ini juga mengungkapkan, kebanyakan konsumen beranggapan Indonesia sedang mengalami resesi ekonomi. Karena itu 80 persen di antara mereka mulai mengurangi porsi atau kebiasaan belanja atau hal yang bersifat konsumtif yang tidak perlu dan mendesak. Semisal Lebih mengurangi belanja pakaian baru, menunda upgrade barang teknologi, mengurangi hiburan di luar rumah dan menghemat pemakaian gas dan listrik.

“Namun konsumen Indonesia belum mau banyak kompromi dalam hal komunikasi, belanja makanan, dan layanan keuangan,” ucapnya.

Konsumen Indonesia juga masih tercatat dalam golongan rajin menabung. Kebanyakan mengalokasikan kelebihan dana untuk ditabung dan investasi.

“Temuan terakhir ini menunjukkan bahwa konsumen di Indonesia tetap merencanakan masa depan finansial mereka dengan penuh perhitungan. Konsumen memiliki penghasilan untuk menginvestasikan kelebihan dana mereka dan memperkuat tabungan mereka, dan ini mendorong adanya permintaan yang lebih tinggi untuk layanan finansial dan perbankan.
(noe/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*