Kondisi Ruas Jalan Rute TdS

Finish Etape VI TdS 2018, Payakumbuh telah Siap dengan Rute

Padang-today.com – Ruas jalan Tujuh Etape balap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2018 kondisinya mencapai 90 persen.

“Dari delapan etapy dicek Nasrul Abit Wakil Gubernur Sumbar, sudah tujuh etape ruas jalan kondisinya mencapai 90 persen,”kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar, Oni Yulfian di Padang.

Untuk ruas jalan yang dilalui pebalap sepeda TdS di daerah Dharmasraya serta Kabupaten Agam, kondisi berlobang akibat turun hujan dan longsor namun bisa di atasi.

Ruas jalan menjadi perhatian yakni mulai dari Danau Kembar rusak parah sampai Kabupaten Solok Selatan.

Begitu jalan perbatasan dari Kabupaten Solok Selatan, Solok menuju Muaro Labuh mengalami keruskan mencapai sekitar 25 persen. Itu laporan dari Kabupaten Solok Selatan.

Kondisi ruas jalan tersebut disampaikan Wakil Gubernur Sumbar kemudian
pada perwakilan balai jalan nasional.
Akan diperbaiki serta diperkirakan perbaikan ruas jalan dua hari sebelum pebalap melewati ruas jalan tersebut.

“Pebalap melewati pada 10 November, jadi pada 8 November 2018 ruas jalan tersebut selesai dikerjakan Balai Jalan Nasional,”jelas Oni.

Oni menambahkan sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan UCI, ruas jalan dilalui pebalap TdS harus bagus tidak sedikitpun rusak.

“Ruas jalan yang ditempuh pebalap TdS harus sesuai standard internasional yang dikeluarkan UCI,dimana tidak ada ruas jalan rusak atau berlobang,”imbuhnya.

Ia menyatakan, event balap sepeda TdS 2018 starnya di Kota Bukittinggi pada 4 November 2018.
“Jamuan makan malam pada 3 November 2018, pada 4 November 2018 dilakukan Grandstar di Bukittinggi,”katanya.

Untuk grandstar dihadiri Gubernur Sumbar, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wakil Gubernur, Walikota Bukittinggi serta tamu undangan lainnya. Imam Nahrawi Kemenpora bakal kibarkan bendara star.

“Sedangkan grandfinish (etape terakhir) di Kota Pariaman bakal dihadiri Menteri Pariwisata (Menpar) Arif Yahya,”jelas Ony.

Ajang balap sepeda Tour de Singkarak akan dilaksanakan mulai dari 4 s.d 11 November 2018. Perhelatan akbar ini akan melalui 16 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Kabupaten Bukittinggi mendapat kehormatan sebagai tempat pembukaan sekaligus start pertama. Sedangkan garis finish terakhir berada di Pariaman.

Tour de Singkarak 2018 akan menempuh 8 Etape, dengan melalui 16 Kabupaten kota dan Propinsi dengan total jarak 1267 KM di Sumatera Barat. (Dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*