KONI Payakumbuh : Tak Beli Kemenangan dan Tak Tangisi Kekalahan

KONI-PayakumbuhPAYAKUMBUH, PADANGTODAY.COM -Rapat Anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Payakumbuh berakhir dengan kesepakatan mewujudkan prestasi olahraga menuju pentas nasional. Simpulan dari bahasan Bidang Organisasi, Humas, dan Audit Internal itu digagas oleh Komisi I yang diketuai oleh H Indra Sofyan MM, Ketua Perkemi (Kempo) Payakumbuh dan Sekretaris Tafril Syamri (Tenis Meja).

Rapat Anggota KONI yang menghadirkan 30 pengurus cabang olahraga di Kota Payakumbuh, berlangsung di Aula SMKN 3 Payakumbuh, Sabtu (25/10). Komisi II yang diketuai H Zurmanuddin MM dan John Kennedi bahkan menggariskan bahwa ke depan koordinasi prestasi olahraga, mulai dari usia dini sampai atlet usia optimal dilakukan. Sidang komisi sempat berlangsung alot, namun selesai dengan semangat olahraga.

Ketua KONI Payakumbuh Dedrizal, Wakil Ketua Ostimardi dan Eri Bastari, serta Ketua Panpel Rapat Anggota Midral Aldar mengatakan kepada wartawan usai Pembukaan yang disambut oleh Wakil Ketua DPRD Suparman dan Kadis Parpora Syahnadel Khairi, mengatakan prestasi olahraga ke depan menjadi prestasi murni. Artinya, di jarak dekat, Porprov Sumbar XIII di Dharmasraya tekad Payakumbuh sudah bulat hendak jadi pemenang dengan potensi yang ada.

”Tekad kita semua, masyarakat, KONI, Pemko, dan DPRD sama. Kita mau tampil di Porprov 16-26 Desember mendatang dengan skuad sendiri. Artinya, target kita tampil terbaik dan menjadi peringkat terbaik dengan kekuatan atlet yang betul-betul dibina di Payakumbuh. Prestasi ini, artinya, Payakumbuh berlaga dengan kekuatan sendiri dan telah menjalankan pembinaan prestasi yang kokoh,” ujar Dedrizal yakin.

Syahnadel Khairi yang mewakili Walikota bahkan menawarkan kelengkapan prasarana olahraga di 2015 bisa diwujudkan. Sebab, anggaran pembangunan yang terbatas, maka di tahun sela 2015 yang kosong iven Porprov, bisa difokuskan ke pembangunan; gedung olahraga beladiri, misalnya.

Hal ini disambung oleh Komisi II yang membahas soal Bidang Perencanaan dan Anggaran. Bahwa, di 2015 bisa difokuskan ke pembangunan prasarana olahraga, asal saja seluruh cabang olahraga merelakan anggaran pembinaan dikurangi bahkan dialihkan.
Wakil Ketua DPRD Suparman bahkan menjamin DPRD membuka pintu seluas-luasnya bagi KONI dan Anggotanya; cabang-cabang olahraga untuk berkoordinasi dan menyampaikan aspirasinya.

”Kami memahami keinginan kita semua untuk menjadikan prestasi olahraga Payakumbuh gemilang. Kami, DPRD sebagai lembaga legislatif, mewakili seluruh masyarakat, akan ikut memperjuangkan aspirasi masyarakat olahraga di Payakumbuh. Mari kita semeja, kita bahas bersama!” tantang Suparman yakin.

Seluruh cabang olahraga hadir di Rapat Anggota yang berlangsung di akhir pekan lalu itu. Begitu antusiasnya cabang-cabang olahraga membuat semangat seluruh KONI Payakumbuh ikut meninggi.
Pimpinan Rapat, Ostimardi memperkenalkan Ketua-Ketua Cabor yang baru saja di SK kan masing-masing Pengprov-nya. Faisal Taru Koordinator Cabang Ikatan Motor Indonesia (IMI), Mawi Etek Arianto Ketua Percasi (Catur), dan Wahyudi Thamrin Ketua PJSI (Judo). Bergulirnya kepengurusan dari yang lama ke yang baru ini diharapkan terus memberikan prestasi terbaiknya untuk Kota Payakumbuh.
Sama dengan tekad Walikota Payakumbuh Riza Falepi, Kabid Organisasi KONI, Midral Aldar dan Wakil Sekretaris Andra Awal Wahid, serta Wakil Ketua Bidang Humas Jeffrey Ricahrdo Magno dan Jentra Elbanto, sepakat mengatakan untuk para atlet yang berlaga nantinya.

”Tidak akan membeli kemenangan, tidak pula menangisi kekalahan.” Konsepsi ini bahkan juga diyakini menanamkan sikap Payakumbuh yang berlaga di atas kaki sendiri dan menuai hasil dengan usaha sendiri.

Itulah pembinaan olahraga yang sebenarnya. Kabid Olahraga dan Pemuda H Firdaus dan Kasi Olahraga Denitral mengaku sepakat. Jika mulai hari itu, Payakumbuh kembali menggebrak sampai ke level nasional.

”Tak ada yang sulit jika kita bersama tekadkan dan lakukan!” ujar keduanya di barisan tengah Rapat Anggota diamini oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi Aiptu (Purn) Syahril.

Gelora semangat makin membuncah, saat ”Mars Patriot Olahraga” diperdengarkan dan diikuti oleh seluruh peserta. Salam Olahraga yang disampaikan Ketua KONI Payakumbuh, disambut, ”Jaya!” oleh seluruh peserta Rapat Anggota yang memenuhi Aula SMK N 3 Payakumbuh, Sabtu. (malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*