KONI Pessel Dikukuhkan, Syahrial Bakhtiar: Tak Masalah Pejabat Publik Pimpin KONI

Padang, PADANGTODAY.COM-Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Pesisir Selatan periode 2014-2018 resmi dilantik dan dikukuhkan di Gedung Pertemuan KPRI Selasa (11/11).

Advertisements

Ketua Umum KONI Kabupaten Pesssel Welly Hendra beserta puluhan pengurus lainnya dikukuhkan langsung oleh Ketua Umum KONI Sumbar, Dr Syahrial Bakhtiar, tanpa disaksikan Bupati dan Wakil Bupati Pessel namun demikian suasana pelantikan berlangsung sukses dan meriah.

“Pejabat publik tidak masalah jadi Ketua KONI. Untuk di Sumbar, sepertinya sudah cukup pelajaran (penjelasan) terkait hal ini. Karena, saya selaku Ketua KONI Sumbar pernah diminta langsung oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno untuk menjadi Kepala Dispora Sumbar,” kata Syahrial Bakhtiar.

Apalagi, secara Nasional para Ketua KONI di 8 Provinsi juga dijabat oleh Gubernur. Salah satu contohnya; Ketua DPRD Kepri. Di Sumbar; ada Bupati Dharmasraya, anggota DPRD Bukittinggi, Nofi Candra anggota DPD RI sebagai Ketua KONI Solok dan lainnya.

“Jadi, semuanya seperti sudah jelas, dan tuntas saya sampaikan kalau hal tersebut tidak jadi soal dan sepertinya tidak perlu dipersoalkan lagi,” kata Syahrial Bakhtiar

Menyoal pendanaan induk organisasi olahraga ini DR. H.Syahrial Bakhtiar menegaskan kalau pemerintah (pusat/provinsi/daerah) harus membantu kegiatan Olahraga melalui KONI, karena organisasi ini merupakan satu-satunya organisasi resmi kenegaraan.”Jadi tidak ada alasan kalau KONI tidak dapat perhatian khusus dari pemerintah,” ujarnya.

Ditambahkannya, bantuan pemerintah untuk anggaran KONI sudah diatur dalam UU No 3/2005 tentang Olahraga. Sebab, sebuah negara/daerah yang hebat pastinya memiliki prestasi olahraga yang hebat juga.

“Kesimpulannya, belum hebat sebuah negara/daerah tadi, kalau prestasi dibidang Olahraganya tidak hebat. Intinya, pemerintah daerah wajib memberikan perhatian khusus terhadap KONI-nya masing-masing,” ungkapnya didampingi Handrianto (Waketum II) dan Wakabid Organisasi Agus Mardi.(can/ag)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*