Konsensus Berbangsa dan Bernegara Wujud Generasi Berkarakter

Genius Umar Memberikan Sambutan Pada acara Konsensus Berbangsa

Genius Umar Memberikan Sambutan Pada acara Konsensus Berbangsa

Advertisements

Padang-today.com__Pemerintah Kota Pariaman melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bekerjasama dengan Kodim0308 Pariaman gelar Sosialisasi 4 Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara bagi generasi muda Kota Pariaman yang dilaksanakan di Aula BPKB Rawang, Selasa (11/10)

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Walikota Genius Umar dengan menghadirkan narasumber dari Kepala Kantor Kesbangpol Kota Pariaman Yusrizal, Kasdim Kodim 0308 Pariaman Mayor P. Simbolon dengan peserta yang merupakan perwakilan dari Siswa-siswi SMA/sederajat se-Kota Pariaman dan Perwakilan Mahasiswa se-Kota Pariaman.

Genius Umar, dalam pidatonya mengungkapkan akan arti pentingnya penyegaran kembali untuk mengenali dan memahami landasan ideologi bangsa Indonesia yang akhir-akhir ini mulai luntur dan cenderung pada arah yang tidak sesuai dengan ideologi yang telah digagas oleh pendiri bangsa.

“ Untuk itu perlu dipahami kembali terhadap empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD 1945 sebagai Konstitusi Negara, karena Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara pernah kita kenal sebelumnya dengan istilah Penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila),” ucap Genius.

Lebih lanjut Wawako Pariaman itu menuturkan bahwa Penataran P4 yang kita kenal saat masuk sekolah dulu, atau di tempat yang lalu penataran P4 ditiadakan dan sekarang digalakkan kembali dengan istilah 4 Konsensus Dasar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara dengan harapan baru yakni warga Indonesia khususnya generasi muda paham dan mengaplikasikan 4 pilar ini dalam kehidupan sehari-hari, punya wawasan kebangsaan, berkarakter, etika moral budaya dan rasa kebangsaan.

Dalam materinya, Mayor P. Simbolon menjelaskan ini merupakan tugas kita untuk bersama-sama lebih mengenali dan memahami landasan ideologi, konstitusi, komitmen kebangsaan serta semangat kesatuan dalam perbedaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang terangkum dalam empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dalam akhir pengarahannya, Mayor P. Simbolon menyampaikan bahwa dihadapkan dengan mulai merapuhnya empat konsensus dasar berbangsa dan bernegara perlu adanya upaya dari seluruh komponen bangsa untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, melaksanakan UUD 1945 dengan baik, menjiwai Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bermasyarakat dan memperjuangkan NKRI agar berdaulat utuh dan selamat.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*