Konsep Otomatis

   Padang-today.com – Bawaslu Sumbar memberikan beberapa catatan terhadap hasil penetapan daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) kedua Pemilu 2019.

“Walaupun DPTHP sudah ditetapkan, namun ada beberapa catatan diberikan pada KPU Sumbar,”kata Komisioner Bawaslut Sumbar, Vifner.

   Bawaslu Sumbar menemukan sebanyak 1.800 pemilih bermasalah dan belum di input KPU kabupaten/kota di Sumbar yakni Agam, Tanah Datar, Pasaman Barat serta Kota Padang.

Dari temuan tersebut ada catatan dibuat Bawaslu yakni tidak adanya ketelitian dilakukan KPU dalam proses akurasi data pemilih, Sistem informasi data pemilih terkadang mengalami masalah dalam proses input data.

UU menyatakan daftarta pemilih Harus berbasiskan sidarlih, ini ada kewajiban bagi KPU untuk memasukan dalam sidarlih.

Kemudian Rekapitulasi secara berjenjang dilakukan kawan-kawan KPU mulai tingkat ppk hingga kabupaten kota di Sumbar ada kesalahan input data dilakuman operator.

“Kesalahan ini secepatnya dilakukan perbaikan KPU, jangan lama-lama nantinya akan menjadk persoalan,”jelas Vifner.

Vifner Catatan ini menjadikan koreksi bagi KPU, dalam rangka tertib administrasi data pemilih.

“Diminta KPU membersihkan data pemilih tidak terinput,”harapnya.

     Sementara itu Komisioner KPU Sumbar Nova Indra menyatakan, KPU Sumbar sudah menetapkan DPTHP Pemiku 2019.

“Penetapan DPTHP-2 ini dimulai tingkat kabupaten/kota di Sumbar, selanjutnya tingkat provinsi pada Rabu (14/11) kemudian tanggal 15 atau 16 November ini di level pusat,”katanya.

   Ia menjelaskan, DPTHP-2 ditetapkan yakni 3.641.761 orang dengan rincian; laki-laki 1.795.300 pemilih dan perempuan yakni 1.846.461 pemilih.

   “Kalaupun ada temuan Bawaslu, tentunya KPU segera melakukan perbaikan,”ujarnya.

    Nova Indra menambahkan, kami meminta ke KPU kabupaten/kota, koordinasi dengan Bawaslu karena data itu mereka yang punya.

“Jadi ketika ada perbaikan, dan klarifikasi pemilih yang belum terakomodir, bisa diselesaikan langsung di kabupaten/kota,”imbuh Nova Indra.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*