Konsumsi Lemak Baik Untuk Kesehatan

Otmeal dengan potngan kacang-kacangan, alpukat dan minyak zaitun.

Otmeal dengan potngan kacang-kacangan, alpukat dan minyak zaitun.

Advertisements

PADANGTODAY.COM-Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata lemak? Tentu saja beragam hal negatif tentang lemak mulai memenuhi otak Anda. Mulai dari lemak dapat menggemukkan badan, meningkatkan risiko darah tinggi, serta berbagai macam hal buruk lainnya.

Namun benarkah lemak buruk untuk kesehatan tubuh Anda? Dilansir dari dailymail.co.uk, ternyata lemak memang ada yang buruk dan malah ada yang menguntungkan untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis lemak yang justru mendukung kesehatan tubuh adalah lemak tak jenuh tunggal.

Penelitian yang ditulis di British Medical Journal ini menjelaskan bahwa lemak tak jenuh tunggal atau yang memiliki nama ilmiah monounsaturated fats memiliki karakteristik cair pada suhu kamar namun bisa mengeras bila didinginkan.

Lemak jenis ini dianggap mampu menurunkan kolesterol jahat serta menekan tingkat obesitas sehingga dapat menghindarkan Anda dari berbagai macam penyakit kronis.

Lemak ini dinamakan sebagai lemak tak jenuh tunggal sebab hanya memiliki satu ‘ikatan lemak’ sehingga tidak mengacaukan kesehatan tubuh Anda. Biasanya lemak tak jenuh tunggal paling sering ditemukan dalam minyak zaitun, buah zaitun, kacang-kacangan, serta alpukat.

“Karena sehatnya jenis lemak ini maka Anda disarankan untuk mengonsumsinya setiap hari. Sebab tanpanya tubuh Anda akan kehilangan nutrisi penting seperti vitamin A, D, dan E yang mampu mencegah dan mengendalikan segala macam serangan penyakit kronis,” pungkas Dr Marilyn Glenville, seorang ahli nutrisi di Inggris.

(feb/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*