Konsumsi Madu Untuk Sembuhkan Luka

makan maduPADANGTODAY.com – Madu umumnya dipakai sebagai campuran kue ataupun minuman. Selain dapat tingkatkan kekebalan tubuh, ternyata madu juga dapat digunakan untuk merawat kulit wajah dan melancarkan kerja sistem pencernaan.

Madu yang manis lembut mempunyai khasiat lain untuk merawat kesehatan.

1. Membuat kulit mulus dan sehat
Madu alami dikenal sebagai pembersih wajah. Madu mengandung antimikroba yang akan menjaga wajah tetap bersih dan bercahaya. Menurut beberapa penelitian jenis madu manuka dan kanuka merupakan jenis madu yang mampu mengobati jerawat.

2. Tingkatkan kekebalan tubuh
Madu mengandung antioksidan seperti polifenol yang dapat melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Jika sedang tidak enak badan, raciklah teh dengan campuran madu untuk redakan batuk di malam hari dan juga mengembalikan energi.

3. Sembuhkan luka
Madu telah digunakan untuk mengobati penyakit kulit sejak berabad silam. Madu mampu menghasilkan sejumlah zat hidrogen peroksida alami yang bersifat anti mikroba. Luka bakar, goresan hingga sayatan dapat cepat pulih dengan olesan madu.

4. Lancarkan pencernaan
Daripada mengonsumsi obat, lebih baik pilih saja madu yang manis alami untuk melancarkan pencernaan. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh BMC Complementary dan pengobatan alternatif menemukan bahwa mengganti gula dalam makanan olahan dengan madu dapat meningkatkan mikroflora usus pada mencit jantan yang digunakan sebagai sampel penelitian.

5. Mengganti cairan tubuh
Untuk memulihkan energi selama berolahraga studi menunjukkan bahwa madu dapat digunakan sebagai pengganti minuman berenergi. Madu menyediakan karbohidrat sebagai sumber energi yang baik.(dk/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas