Konsumsi Sayuran dan Ikan Untuk Atasi Kulit Keriput

sayuranJakarta, PADANGTODAY.com – Banyak minum suplemen dan memakai produk kecantikan tak menjamim kulit menjadi cerah dan mulus. Pola makan sehat dan pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk tubuh menjadi langkah utama agar kulit cerah dan sehat.

Advertisements

Hindari makanan cepat saji dan berlemak agar kesehatan kulit tetap terjaga. Pastikan setiap hari Anda mengonsumsi beberapa bahan makanan kaya selenium, rendah indeks glikemik, dan mineral.

1. Konsumsi buah dan sayur lima porsi sehari
Buah dan sayuran mengandung antioksidan yang tinggi sehingga melindungi kulit dari kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas. Konsumsi buah dan sayuran lima porsi sehari dan variasikan warnanya. Betakaroten ditemukan dalam sayuran berwarna oranye seperti labu, wortel, dan ubi. Sementara lutein ditemukan dalam bayam dan pepaya. Keduanya bisa mempertahankan kesehatan kulit dan menjaga warna kulit tetap cerah.

2. Jauhi diet ketat
Penurunan dan kenaikan berat badan drastis bisa membawa dampak buruk untuk kulit. Hasilnya kerutan, goresan di perut, dan kendur akan terlihat. Diet ketat yang memangkas konsumsi beberapa jenis makanan juga bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi. Dalam jangka panjang hal tersebut akan terlihat pada penampilan kulit.

3. Makanan kaya selenium
Selenium adalah antioksidan kuat yang berkerjasama dengan vitamin E dan C untuk menjaga kesehatan sistem imunitas. Banyak studi menyatakan konsumsi makanan kaya selenium bisa melindungi tubuh dari kanker kulit, kerusakan karena sinar matahari, dan flek. Sumber makanan kaya selenium yang bisa dikonsumsi antara lain telur, kerang, ikan, tomat, dan brokoli.

4. Bahan makanan nabati
Phyto-estrogen adalah senyawa kimia alami yang ditemukan dalam bahan makanan nabati. Senyawa kimia tersebut mempunyai struktur yang mirip dengan hormon seks perempuan, oestrogen dan bertugas untuk menyeimbangkan hormon alami dalam tubuh. Nutrisi ini ada dalam olahan kacang kedelai, whole grain, buah segar, dan sayuran.

5. Indeks Glikemik rendah
Ganti nasi putih dengan kacang, nasi putih, atau kentang. Karbohidrat ini melepaskan gula secara perlahan ke dalam peredaran darah, sehingga tingkat energi akan lebih stabil dan perut kenyang lebih lama. Hindari karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi seperti biskuit dan minuman manis, karena bisa memicu produksi insulin berlebih yang merusak kolagen dan mempercepat timbulnya keriput.(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*