Konsumsilah Buah dan Air Sckupnya Pada Saat Sahur

menu sahur

Advertisements

Padang PADANGTODAY.com-Puasa sudah mencapai lebih dari setengah Ramadan. Penting untuk terus menjaga tubuh Anda terhidrasi. Berhari-hari kekurangan cairan, akibatnya akan terakumulasi menjadi tubuh lemas.

Minum air minimal delapan gelas per hari masih menjadi aturan wajib.

Selain itu, asupan cairan bisa didapat juga dari makanan, seperti buah atau sayur. Derek Flanzriach, CEO dan pendiri situs Greatist menuturkan, 20 persen asupan air harian berasal dari makanan.

Mengonsumsi buah yang mengandung banyak cairan saat sahur, bisa membuat tubuh terhidrasi seharian. Derek merekomendasikan buah beri. Sebab, itu mengandung 90 persen air untuk tubuh.

Agar cairan tubuh tetap terpasok, silakan konsumsi campuran stroberi dengan jeruk nipis dan madu sebagai camilan saat sahur. Untuk buka puasa, buat es buah dengan bahan nanas dan stroberi.

Variasi minuman yang mencampurkan apel dan wortel juga baik untuk tubuh. Keduanya mengandung banyak air. Jus wortel dan apel usai santap sahur akan jadi penutup yang baik.

Selain itu, Derek juga menyarankan yoghurt. Selain kalsiumnya tinggi, ia juga mengandung vitamin D, protein, dan probiotik. Camilan yang bisa disantap saat sahur itu mengandung lebih 88 persen air.

“Yoghurt adalah cara terbaik menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Yoghurt memiliki kalium dan natrium yang bisa memberikan elektrolit ketika Anda dehidrasi,” tambahnya, dalam Fox News.

Makanan lain yang mengandung banyak air di antaranya: kiwi, pir, bayam, semangka, seledri, dan mentimun. Anda bisa membuat kreasi menu sahur dari bahan-bahan sumber air itu. (ms/dil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*