Kontraktor Konstruksi Menyegel Gedung SD

Ilustrasi SD

Ilustrasi SD

Advertisements

PADANGTODAY.COM – Sebuah kontraktor konstruksi menyegel Gedung SD Negeri 016 Kecamatan Sembakung karena pembayaran proyek itu belum dilunasi Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Rekanan yang mengerjakan proyek pembangunan ruang kelas baru SD tersebut bernama Bijey mengatakan, pemerintah setempat masih menunggak pembayaran proyek sekolah di Sembakung sejak tiga tahun lalu.

Bijey mengaku terpaksa menyegel sekolah itu karena pihak Dinas Pendidikan setempat tidak memiliki niat baik melunasi sisa anggaran belum dibayar. Yakni sebesar Rp 349 juta dari total proyek Rp 714 juta.

“Jadi dana yang sudah dibayar baru Rp 325 juta, sementara sisanya sebesar Rp 345 juta belum dibayar lagi sampai sekarang, makanya saya segel sekolah itu karena dirugikan,” kata Bijey di Nunukan.

Bijey mengaku sudah sering menagih sisa pembayaran proyek ke Dinas Pendidikan Kabupaten Nunukan. Tetapi menurut dia, pemerintah beralasan terjadi kesalahan penentuan anggaran dalam kontrak kerja. Menurut dia, jawaban itu hanya dalih pemerintah setempat.

Bijey mengatakan dia tetap menagih kekurangan proyek karena merasa telah dirugikan. Tetapi menurut dia, Dinas Pendidikan berdalih sebenarnya pembangunan RKB di SDN 016 Kecamatan Sembakung itu terdiri dari dua paket. Padahal, lanjut dia, dalam kontrak kerja diterimanya sebelum memulai pekerjaan, proyek hanya terdiri dari satu paket atau tiga RKB saja.

Bijey mengaku hanya meminjam CV Margo Mulia milik Mulyani buat memenangkan tender proyek. Dia hanya berjanji akan membuka segel dipasang Kamis (9/4) pagi bila Dinas Pendidikan melunasi sisa duit proyek.

“Saya buka segel sekolah itu kalau sudah dibayar sisa anggaran sebesar Rp 345 juta itu,” tambah Bijey.

Secara terpisah, Kepala SDN 016 Kecamatan Sembakung, Yohanes, membenarkan sekolahnya disegel oleh kontraktor secara tiba-tiba. Dia mengatakan tak bisa berbuat apa-apa dan terpaksa memindahkan proses belajar mengajar ke bangsal kantor desa setempat.

(ary/uil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*