Koordinasi Antar Instansi Pemerintah dan Partisipasi Seluruh Pelaku Pembangunan, Kelurahan Payolansek Gelar Musrenbang

Koordinasi Antar Instansi Pemerintah dan Partisipasi Seluruh Pelaku Pembangunan, Kelurahan Payolansek Gelar Musrenban

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Kelurahan Payolansek, Kecamatan Payakumbuh Barat menggelar Musrenbang Tingkat Kelurahan yang di adakan di Aula Kelurahan setempat, Rabu (25/1), Musrenbang Tingkat Kelurahan dihadiri Anggota DPRD Kota Payakumbuh, Marhidayandi. A,Md, tokoh masyarakat, LPM dan BKM serta beberapa kepala SKPD atau yang mewakili di buka oleh Camat Payakumbuh Barat, Nurdal. S.Sos.

Dalam kesempatan yang berbahagia tersebut, Camat Payakumbuh Barat, Nurdal S.Sos,  yang di dampingi Kasi Ekbang Kecamatan Payakumbuh Barat, menyampaikan bahwa setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan memerlukan koordinasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan, “untuk itu, melalui mekanisme Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan ini, kita susun rencana pembangunan untuk Kelurahan Payolansek tahun 2017, yang mana usulan usulan atau rencana pembangunan tersebut selanjutnya akan kita bawa ke Musrenbang tingkat Kecamatan, dan terus disempurnakan pada forum SKPD dan berakhir di Musrenbang tingkat Kota Payakumbuh,” jelasnya

Selain itu, Anggota DPRD Kota Payakumbuh, Marhidayandi. A.Md juga menjelaskan bahwa kegiatan musyawarah pembangunan ini merupakan salah satu wahana yang efektif untuk memaduserasikan perencanaan bottom up dengan perencanaan yang bersifat top down sehingga diharapkan mampu menciptakan kondisi yang memungkinkan setiap anggota masyarakat  mengembangkan kemampuan dan kreatifitasnya didalam bekerjasama  untuk mencapai tujuan bersama. Dalam kondisi seperti ini, kami berharap masyarakat dan kalangan dunia usaha dapat terus terlibat secara bersama-sama dalam proses pembangunan mulai dari membuat konsep, merencanakan, melaksanakan, mengawasi dan memelihara hasil-hasil pembangunan sesuai prinsip-prinsip pembangunan partisipatif, “ujarnya

Selain itu, pada kesempatan yang sama, Budi Kurniawan. S.Sos selaku Lurah Payolansek mengharapkan agar pada tahapan Musrenbang Tingkat Kelurahan ini,  menjadi tahapan penentuan prioritas usulan program atau kegiatan dari masing-masing RT/RW serta pengklasifikasian usulan program atau kegiatan masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Selain itu usulan program atau kegiatan  yang prioritas tersebut seharusnya bisa dikelompokkan menjadi lebih spesifik lagi misalkan dikelompokkan dalam prioritas-prioritas program yang sangat mendesak untuk dilaksanakan karena jika tidak segera dilaksanakan akan membawa dampak yang akan mengakibatkan kerugian langsung yang lebih besar pada masyarakat, ataupun kegiatan tersebut mampu membangkitkan potensi-potensi masyarakat sehingga lebih meningkat kesejahteraannya,” ujar Pak Lurah tegas dan bersemangat.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*