Kopi Tak Selalu Pahit, Bisa Juga Manis Alami

dalamPADANGTODAY.com – Bertempat di kedai One Fifteenth Coffee Jakarta Selasa (05/08/14) pagi, Morph Coffee menggelar ‘The Coffee Connection’. Di acara ini Arief Said dan Andrew Tang sebagai pemilik Morph Coffee memberi informasi mengenai seluk-beluk kopi.

Kemampuan Arief dan Andrew di bidang kopi sudah terbukti lewat kejuaraan barista internasional yang mereka ikuti sebagai peserta maupun juri. Pada akhir tahun 2012, mereka membangun Morph Coffee dengan semangat mengubah (morph) persepsi umum yang kurang tepat mengenai kopi.

“Orang-orang selalu menganggap bahwa kopi itu pahit sehingga perlu ditambahi gula. Padahal, tanpa gulapun, kopi bisa manis,” kata Arief. Agar tahu rasa manisnya, ia menambahkan, kopi membutuhkan rasa asam.

Arief membuktikannya dengan mengajak awak media mencicipi air putih yang dicampur sirop gula. Setelah itu, para undangan diminta membandingkannya dengan air putih yang diberi sirop gula dan perasan jeruk nipis. Para wartawan mengakui bahwa asam membuat rasa manis terasa lebih jelas dan enak.

Hal lain yang ingin diubah oleh Morph Coffee adalah kecenderungan orang Indonesia untuk memilih kopi dengan karakteristik rasa ‘aman’ seperti cokelat. Padahal, kopi juga bisa bercitarasa asam buah, rempah, dan sebagainya.

“Kalau minum kopi yang fruity, mereka bilang ‘asam!’ dan tak suka. Kami ingin mengubahnya pelan-pelan dengan memenangkan hati konsumen terlebih dahulu. Kami memulai dengan kopi bercita rasa aman tapi mengajak konsumen untuk tak menambahkan gula. Perlahan-lahan kami memperkenalkan rasa yang lebih beragam,” jelas Andrew kepada Detikfood.

Contohnya apel fuji, apel hijau, dan apel merah. Ketiganya sama-sama apel, namun memiliki karakter berbeda. Apel hijau misalnya asam dan renyah, apel merah manis dan lembut, sementara apel fuji asam-manis dan renyah.

(mr/nol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*