KOPPAS AIPT TB 2018 Lahirkan Pemikiran Demi Kemajuan Koperasi

Padang Panjang, Padang-today.com – “Koperasi tidak hanya menonjolkan fungsi sosialnya yang berkembang dan mensejahterakan anggotanya dengan memakai prinsip manajemen modern,” ujar Walikota Padang Panjang yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Iriansyah Tanjung, SE, M.Si saat membuka acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pedagang Pasar Abuan Ikatan Penyewa Tetap (KOPPAS AIPT) Kota Padang Panjang Tahun Buku 2018 di gedung M. Syafei, Kamis (28/2).RAT dapat diartikan sebagai upaya untuk mengevaluasi diri, mengevaluasi segala kegiatan yang telah dilaksanakan selama satu tahun berlalu. “Sejauh mana kita telah berbuat dan keberhasilan apa yang telah kita raih selama satu tahun berselang tersebut,” jelas Iriansyah.

Proses evaluasi tersebut berupa beberapa kebijakan dan langkah-langkah strategis dan terpadu yang nantinya akan menjadi embrio program kerja bagi keberlangsungan koperasi di masa yang akan datang.

Melalui pelaksanaan RAT diharapkan akan terlahir pemikiran-pemikiran, inovasi dan ide-ide dari para anggota demi kemajuan dan perkembangan koperasi.

Koperasi merupakan salah satu pelaku ekonomi yang akan berjalan secara berdampingan dengan sektor swasta dalam memacu pertumbuhan ekonomi yang berperan besar terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Tidak hanya itu, pelaksanaan kegiatan Usaha Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah oleh koperasi diharapkan bisa menerapkan pola-pola syariah dalam setiap unit usaha yang dijalankan.

“Kami berharap ini menjadi bahan pemikiran bagi kita bersama untuk bergerak lebih maju lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala KOPPAS AIPT Januardi, SE mengatakan RAT ini merupakan rapat tahun ketiga yang dilaksanakan untuk kepengurusan 2016/2018.

Usaha koperasi saat ini dibagi atas tiga unit yakninya Usaha Simpan Pinjam (USP), Kredit Candak Kulak (KCK) dan Subsidi BBM.

Tahun 2018, anggota KOPPAS AIPT berjumlah 300 orang, sedikit ada pengurangan di tahun sebelumnya yang berjumlah 309 anggota.

Seperti yang telah disebutkan bahwa RAT kali ini merupakan tahun ketiga untuk kepengurusan tahun 2018, itu berarti akan ada kepengurusan berikutnya. “Kami berharap semoga dipengurusan baru nantinya KOPPAS AIPT lebih maju lagi dari tahun sebelumnya,” ujarnya.

Acara turut dihadir unsur Forkopimda, Kepala Koperasi , Pimpinan Bank, Kepala STIS Kota Padang Panjang serta anggota koperasi. Kegiatan ditutup dengan pemberian hadiah kepada anggota yang mempunyai simpanan terbanyak dan doorprice. Untuk simpanan USP diraih olehYerni Yetti dan Fenita, sementara untuk KCK diraih oleh Devi Yanti dan Efizal guci dan untuk simpanan BBM diraih oleh Liswarti dan Gusni. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas