Korem Sumbar Gelar Latihan Penanggulangan Bencana

Padang-today.com – Korem 032/Wbr menggelar latihan penanggulangan bencana alam di gedung sapta marga Makorem.

Latihan penanggulangan bencana dibuka Danrem 032/Wbr, Brigjen TNI H.Mirza agus, S.I.P sebagai Komandan Latihan.

Latihan penanggulangan bencana dilaksankan mulai 16-21 Oktober 2018,latihan ini diawali penyampaian dan pembekalan secara teori dan keesokan harinya, selanjutnya praktik di lapangan, yang melibatkan 190 personel, pelaku dan pendukung.

Kegiatan ini melibatkan prajurit TNI-AD jajaran Korem 032/Wbr, dan BPBD dan Basarnas Kota Padang.

Mirza Agus menyampaikan Sumatera Barat merupakan salah satu wilayah Indonesia yang memiliki resiko tinggi terhadap ancaman gempa bumi dengan diikuti gelombang tsunami yang melanda disepanjang pesisir barat sumatera barat.dan kepulauan mentawai dampak bencana alam itu diperkirakan secara luas akan mengakibatkan korban jiwa kerusakan infrastruktur trauma psikis bagi masyarakat serta kerusakan lingkungan dari fenomena alam.

“Maka dipandang perlu untuk melakukan latihan sebagai bagian dari upaya penguatan kelembagaan yang berbasis pengurangan resiko bencana,”katanya.

Sebagaimana kita ketahui sesuai UU RI No 34 Tahun 2004 tentang TNI, Operasi membantu penanggulangan akibat bencana alam, pengungsian dan pemberi bantuan kemanusiaan merupakan salah satu tugas pokok TNI Khususnya Operasi Militer Selain Perang (OMSP).yang memerlukan perencanaan dan persiapan operasi serta pengendalian operasi.

Mencermati perkembangan situasi dan kondisi khususnya dalam menghadapi situasi perkembangan wilayah dimana musibah bencana alam sering terjadi didaerah ini, namun dengan sampai sa’at ini bencana alam belum bisa diprediksi secara akurat.

“Kita pun sekarang sangat prihatin bencana yang terjadi di palu, Donggala begitu juga di daerah lintau kabupaten tanah datar Sumatera Barat,”ujar Mirza.

Mirza Agus menjelaskan, latihan ini sangat perlu dilaksanakan agar meningkatkan kemampuan para prajurit Korem 032/Wirabraja dalam operasi bantuan kepada pemda dalam menangani penanggulangan bencana alam yang meluputi aspek komando pengendalian serta prosedur bantuan administrasi, evakuasi sebagai bagain dari satuan yang lebih besar dalam rangka pembinaan wilayah.

“Mengingat sangat pentingnya tujuan latihan ini saya berharap laksanakan dengan sebaik-baiknya ikuti semua tahapan latihan sesuai yang telah di arahkan oleh penyelenggaraan latihan sehingga mekanisme latihan dapat berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan serta sasaran latihan dapat tercapai secara optimal,” tegas Mirza Agus.

Disamping itu juga latihan ini dapat dijadikan sebagai ajang tolak ukur dan melatih kesiapan dan kemampuan Prajurit Korem 032/Wirabraja dalam menghadapi berbagai bentuk permasalahan bencana alam yang mungkin timbul diwilayah Korem 032/Wirabraja.

Kepada seluruh peserta latihan baik penyelenggara maupun pelaku saya berharap dalam pelaksanaan latihan nantinya dapat mengikuti dengan baik dan sungguh-sungguh, benar-benar dipahami sehingga latihan yang kita selenggarakan maupun personil lainnya secara keseluruhan,”imbuh Mirza Agus.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kasi ops Kolonel lng Sugiyono, Kasi log Kolonel Kav Asep Solihin, Kasi Ter Kolonel lnf Budi Prasetyo, Pasilat Mayor lnf Anton, Tim Basarnas dan BPBD dan Prajurit Sejajaran Korem 032/Wbr.(*rel/dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*