Kota Padang Bertekad Porprov XIV Lebih Meriah

Walikota Padang Mahyeldi bersama Kadispora Suardi dan Ketua KONI Padang Agus Suardi memberikan keterangan kepada wartawan.

Walikota Padang Mahyeldi bersama Kadispora Suardi dan Ketua KONI Padang Agus Suardi memberikan keterangan kepada wartawan.

Advertisements

PADANGTODAY.COM-Pengerjaan sarana dan pra sarana Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) bakal diburu. Walikota Padang Mahyeldi meminta, 6 November semua pengerjaan sarana sudah tuntas.

Permintaan itu ditegaskan Mahyeldi kepada wartawan di sekretariat Porprov XIV, Gedung KNPI Sumbar, Kamis (3/11).

“saat ini ada beberapa venue yang sedang dalam pengerjaan, di antaranya lapangan bola voli, basket, sarana panjat tebing di Komplek Gor Haji Agus Salim Padang dan lintasan atletik. Kami telah meminta kepada penaggung jawab renovasi untuk segera menuntaskan pengerjaannya. Kami menargetkan hingga 6 November,” terang Mahyeldi didampingi Kadispora Padang Suardi dan Ketua KONI Padang, Agus “Abien” SUardi.

Dijelaskan, hingga saat ini tidak ditemukan kendala dalam persiapan. Mulai dari venue, penginapan serta aspek teknis lainnya.

“Untuk venue dan penginapan tidak ada masalah. Untuk tempat pertandingan, mungkin ada yang membutuhkan perbaikan di beberapa bagian dan kami telah memberi waktu penyelesaiannya,” ujarnya.

Sebagai ibu kota Provinsi, jelasnya, Kota Padang akan menjadi tuan rumah yang baik. Malahan, untuk menambah motivasi daerah, Pemko sebagai penanggu jawab kegiatan akan memberikan pengharaan khusus kepada organiasi daerah yang memberikan pelayanan kepada daerahnnya.

“Pelaksaan Porprov XIV ini akan kami kemas sedemikain rupa dan akan berbeda dengan pelaksaan sebelumnya. Kami akan melibatkan semuruh lapisan, malahan kami akan memberi penghargaan kepada organiasi daerah yang memberikan pelayanan maksimal bagi peserta di porprov ini,” terangnya.

Sementara untuk persiapan lain, panitia sudah tidak ada persoalan lagi, malahan Opening ceremony pembukan yang digeber di Stadion Haji Agus Salim Padang dijanjikan berlangsung meriah. Seabrek pertunjukkan bakal ditampilkan saat pembukaan multiiven olahraga terakbar di Sumatra Barat ini.

Disebutkan, sesi pembukaan merupakan bagian terpenting pelaksanaan alek. Untuk itu pihaknya akan mengemas momen itu sebaik mungkin.

Opening ceremony yang bakal digelar pada malam hari. Diagendakan Menpora, Imam Nahrawi bakal membuka secara resmi pesta olahraga terakbar provinsi itu.

“Kita telah memperoleh gambaran pembukaan dari EO yang ditunjuk daam mengemas pembukaan Porprov nanti. Dalam pemaparan yang mereka sampaikan, sejauh ini kita sangat puas,” terangnya.

Ia menjelaskan, konsep pembukaan Porprov Sumbar di stadion Haji Agus Salim Padang secara umum memang mengadopsi prosesi pembukaan sama dengan multiiven sebelumnya. Namun nantinya ada beberapa pembeda yang akan menghibur penonton. Selain mendatangkan grup band ibu kota, bakal disajikan pula kesenian dan tari kolosal dan tata pencahayaan yang luar biasa.

“Pada pembukaan nanti ada pementasan tari kolosal, barongsai, marching band dan pesta kembang api. Kita yakin acaranya bakal meriah,” sebutnys.

Menurutnya, tari kolosal nantinya merupakan kolaborasi antara tari indang, pencak silat, tari piring, tari salendang dan tari kipas. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*