Kota Padang Juara Umum Porprov XIII, Bukittinggi dan Padangpariaman Luar Biasa

Wakil Gubernur Sumateta Barat saat menyerahkan Piala bergilir kepada Juara Umum Porprov ke 13.

Wakil Gubernur Sumateta Barat saat menyerahkan Piala bergilir kepada Juara Umum Porprov ke 13.

Advertisements

Dharmasraya, PADANGTODAY.COM-Kota Padang menjadi juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) itu berita biasa, soalnya sejak multieven yang dulu bernama Porda ini digelar, Ibu Kota Provinsi Sumbar ini selalu menjadi juara umum. Yang mengkin menjadi berita luar biasa adalah pencapaian Kota Bukittinggi dan Kabupaten Padangpariaman, di mana mereka mampu menduduki posisi kedua dan ketiga dalam perolehan medali.

Posisi kedua selalu menjadi target yang diusung kabupaten/kota lain di Sumbar. Soalnya, dengan fasilitas dan SDM yang ada di Kota Padang sangat sulit dikalahkan. Apalagi, atlet-alet Sumbar banyak yang turun atas nama Kota Padang. Maka, setiap pelaksaan Porprov, target yang diusung daerah d luar Padang adalah posisi kedua. Pada pelaksaan tahun ini, Bukittinggi dipastikan menduduki posisi ini dengan meraih 68 medali emas.

Pencapaian Bukittinggi ini tentu sebuah kejuatan, soalnya pada pelaksaan tahun sebelumnya posisi ini ditempati Limapuluh Kota yang kembali diunggulkan untuk menduduki posisi ini, karena daerah ini adalah kiblatnya atletik. Namun di luar dugaan mereka hanya mampu menduduki posisi keempat di bawah Padangpariaman yang menduduki posisi ketiga dengan meraih 45 medali emas.

Mukin catatan bagus juga diukir Padangpariaman, tidak diunggulkan dalam Porprov kali ini, Padangpariaman mampu bersaing dan menduduki posisi ketiga dengan meraih 59 medali emas. Prestasi ini tentu cukup memanggakan warga Padangpariaman, soalnya mereka mampu bersaing di tengah minimnya sarana olahraga.

Malahan Bupati Padangpariaman Ali Mukhni memberi apresiasi kepada para duta olahraga Padangpariaman ini yang sukses mengharumkan nama daerah.

“Ini prestasi yang membanggakan. Kami tidak manyangka bisa berada di papan atas, solanya persaingan sangat ketat. Kami memberi apresiasi kepada para atlet atas keberhasilan menduduki papan atas ini,” ujar Ali Mukhni.

Selain terjadi persaingan di papan atas, pada pelaksaan Porprov XIII ini semua daerah juga mampu membawa medali emas danbeberapa kejuatan di antaranya mampunya Dhramsraya meraih emas sepakbola. Tentu ini prestasi yang sangat membanggakan bagi warga Dharmasraya, karena mereka mampu merebut emas bergengsi ini.

“Kami sangat bangga, karena mampu meraih emas bergengsi. Ini prestasi yang sangat membanggakan bagi warga Darmasraya,” terang Bupati Dharmasraya Adi Gunawan.

Selain sepakbola, prestasi tuan rumah Porprov XIII ini juga patut diberi apresiasi, mereka mampu menduduki posisi kedelapan dengan meraih 31 emas. Raihan ini juga jauh lebih baik dari keikut sertan mereka multieven ini.

“Kami dari KONI Sumbar sangat bangga dengan prestasi yang diukir para atlet di arena Porprov ini. Sekarang mari kita bersatu untuk Sumbar menghadapi Porwil, Pra PON. Mudah-mudahan atlet yang berprestasi di Porprov ini bisa juga berprestasi di Porwil yang akan digelar 2015 mendatang,” terang Ketua Umum KONI Sumbar Syahrial Baktiar. (can)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*