Kota Pariaman Dipercaya Sebagai Pusat Pencanangan TNI Manunggal KB-Kes Tingkat Nasional

Padang-today.com_Kota Pariaman terpilih menjadi tuan rumah Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan Tingkat Nasional Tahun 2019.

TNI Manunggal Keluarga Berencana Kesehatan ‘TMKK’ merupakan salah satu sinergi antara pemerintah dan TNI dalam upaya memberikan kotribusi terkait dengan masalah kependudukan.

Dipercayainya Kota Pariaman, Sumbar, sebagai tuan rumah pencanangan TMKK adalah suatu kebangaan tersendiri bagi pihak pemerintah setempat dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah itu.

Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan yang dilaksanakan di Pantai Kata, Kota Pariaman, Senin 04-03-2019 dibuka Asisten Teritorial (Aster) Panglima TNI, Mayor Jenderal TNI George Elnadus Supit.

Mayjen TNI George Elnadus Supit dalam sambutannya mengatakan, pencanangan ini salah satu bentuk kontribusi BKKBN dan TNI serta mitra kerja BKKBN lainya dan melalui pencanangan ini mampu menjadi ketahanan keluarga sebagai pondasi ketahanan nasional yang tangguh dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia ‘NKRI’.

Kegiatan bakti sosial merupakan terusan dari darma bakti anak bangsa dalam bentuk kepedulian sosial terhadap sesama tanpa melihat suku, agama, ras dan golongan.

Kegiatan itu merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh TNI beserta seluruh stakeholder untuk turut serta berperan aktif dalam membantu masyarakat dibidang kesehatan, pendidikan, pengobatan, pengentasan kemiskinan dan bantuan kemanusian lainnya yang dibutuhkan.

” Saya mengucapkan terimakasih serta penghargaan atas kesempatan yang diberikan untuk turut serta memberi sumbangan tenaga dan kemampuan profesi TNI yang berkaitan dengan terciptanya ketahanan keluarga di masyarakat melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) dan turut serta mengembangkan SDM khususnya pada daerah yang terdata sebagai daerah senting,” kata dia.

Selama ini pelaksanaan program KB dan Kesehatan di Kota Pariaman dapat berjalan dengan lancar karena besarnya faktor dukungan dari berbagai pihak, SDM Kesehatan dan alokasi anggaran.

Semuanya itu patut disyukuri, karena banyak pihak berperan besar dalam menggerakan masyarakat agar berpartisipasi aktif dalam program KB dan Kesehatan. Berbagai pihak tersebut diantaranya Kodim 0308/Pariaman bersama Persit KCK, Tim Penggerak PKK, Organisasi Profesi Kesehtan,, Media Massa dan Media Sosial di Kota Pariaman.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno berharap, melalui Bakti Sosial TNI KB-Kes ini dapat membantu masyarakat dalam meningkatkan pemahamannya tentang keluarga berencana untuk mewujudkan keluarga sejahtera.

Program  KB menawarkan setiap keluarga untuk lebih realitis dalam merencanakan keluaarga dan menentukan jumlah anak yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Hal senada disampaikan Walikota Pariaman Genius Umar, melalui kegiatan pencanangan TMKK tingkat nasional 2019 di Kota Pariaman, kita sukseskan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga yang berkualitas.

“Dengan pencanangan TMKK ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Pariaman”¬† tandasnya menghakiri. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas