Kota Pariaman Lahirkan Terobosan Baru

Genius Umar bersama Kadis Hubkominfo dengan PT. Telkom

Genius Umar bersama Kadis Hubkominfo dengan PT. Telkom

Advertisements

Padang-Today.com__Pemerintah Kota Pariaman untuk mengantisipasi berbagai permasalahan di daerah, pihak Pemko Pariaman lahirkan terobosan baru yaitu ‘Pariaman Goes To Smart City’ sebuah gambaran Kota Modern.

Goes To Smart City salah satu bentuk wujud nyata yang akan dilahirkan oleh Pemerintah Kota Pariaman untuk mengantisipasiberbagai permasalahan yang ada dalam tata kelola suatu kota seperti pelayanan, kriminalitas, Infrastruktur,partisipasi,dan komunikasi dengan masyarakat, pendidikan, kesehatan dan pariwisata.

Oleh karena itu, Smart City Nusantara sebagai solusi yang ditawarkan,oleh Telkom Indonesia, pada Pemerintah Kota Pariaman untuk menciptakan kota yang cerdas.

Dalam siaran press realase Humas Setdako Pariaman menerangkan, Koordinator living lab smartcity Telkom Indonesia, Imanudin, saat menerima Kunjungan Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, di Meeting Room Living lab Smart City Nusantara, Jakarta, Kamis 01-09-2016 beberapa waktu lalu mengatakan bahwa Smart City adalah solusi berbasis teknologi digital yang mampu membuat tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien.

“Pemerintah Kota Pariaman sangat tertarik dengan program Smart Cyty Nusantara ini, dengan kemajuan teknologi informasi dapat menyelesaikan permasalahan di daerah,” ungkap Genius

Genius menjelaskan keberhasilan Kota Bandung dalam menggunakan Smartcity untuk pelayanan masyarakat seperti Sistem Informasi pelayanan, Digitalisasi Data, e-budgeting dan pelayanan pendaftaran berobat ke rumah sakit melalui media SMS sehingga tak perlu mendaftar langsung secara fisik. Dengan menggunakan Smart City dapat menghemat anggaran.

Kedepan Teknologi informasi dapat menyelesaikan permasalahan di daerah, lanjut Gnius, pihak Pemko Pariaman akan bekerjasama dengan telkom melalui pendampingan mengatasi permasalahan yang lebih prioritas diatasi oleh Kota Pariaman. terangnya.

Dalam hal ini, tambah Gnius, Fokus untuk Pemerintah Kota Pariaman akan menerapkan 6 smartcity yaitu 1.Hi City (berisikan Informasi nama kota, Kecamatan, Desa/Kelurahan, info restoran. Mall. Rumah Sakit, Puskesmas Mall, termasuk info tempat wisata dan yang menarik lainnya), 2.e-kelurahan/desa (manajemen kelurahan full IT), 3.e-puskesmas (Aktifitas pelayanan dan data kesehatan akan terpantau setiap saat) 4.e- pelaporan. (Laporan, sampah.,Wisata, Narkoba, kecelakaan, Kebakaran dan lain sebagainya) 5.Sosial media analiyic. (Isu yg berkembang di masyarakat/bisa digunakan sebagai media survey untuk melihat respon masyarakat terhadap kebijakan yang dibuat Pemerintah Kota dan sentiment masyarakat 6.Common center.(monitor kondisikota) dg memakai sensor di kota pariaman pada beberapa titik penting.

Genius umar hadiri ISCF 2016 di Bandung

Genius umar hadiri ISCF 2016 di Bandung

Untuk meningkatkan playanan publik, Genius Umar sangat mendukung sekali program Smart City yang akan dikeluarkan oleh Kemenpan dan RB. Hal ini dibuktikan dengan telah dilakukannya kunjungan ke Living Lab Smartcity telkom satu hari sebelumnya untuk membangun kerjasama jaringan.

Pada acara Indonesia Smartcity Forum yang dilaksanakan di Bandung selama 2 hari (2-3 September 2016) Pemerintah Kota Pariaman juga menandatangani kerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung dalam penerapan Smartcity di Kota Pariaman. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*