Kota Pariaman Raih Terbaik III Anugerah Media Humas (AMH) 2017

wako pariaman mukhlis rahman menerima penghargaan AMH 2017 dari Kadis Kominfo kota pariaman Nazifah

Kota Pariaman,Padang-today.com___Pemerintah Kota Pariaman, merupakan satu-satunya utusan Kota/Kabupaten di Sumatera, yang mengukir prestasi di malam puncak Anugerah Media Humas (AMH), dengan menyabet Terbaik III AMH 2017 kategori Siaran Pers/Pemberitaan, Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota, yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI dan Bakohumas RI, bertempat di Novotel Palembang, Kamis malam 23-11-2017.

Untuk AMH 2017 Kategori Siaran Pers/Pemberitaan, Terbaik I diraih oleh Kota Bandung, dan Terbaik II direbut oleh Provinsi Jawa Barat. Sedangkan untuk Kementerian/LPNK/BUMN/PTN, Terbaik I diraih oleh Kemenristek Dikti, Terbaik II Kemnhub dan Terbaik III Kemenpan RB.

Untuk tahun 2017 ini, AMH hanya melombakan 4 kategori, yaitu Kategori Siaran Pers/Pemberitaan, Kategori Penerbitan Media Internal, Kategori Media Sosial dan Kategori Media Pelayanan Informasi Internet, yang dibagi 2 kelompok, kelompok I untuk Kementerian/LPNK/BUMN/PT dan kelompok II untuk Provinsi/Kabupaten/Kota.
Penghargaan ini diterima oleh Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (Kabid IKP) Dinas Kominfo Kota Pariaman, Evi Irma dari salah satu Dewan Juri Kemenkominfo RI yang memberikan penilaian dalam AMH 2017 tahun ini.

Sebanyak 167 Provinsi/Kabupaten/Kota yang bersaing dalam ajang tahunan yang dihelat oleh Kemenkominfo RI dan Bakohumas RI, tahun 2017 ini, Kota Pariaman menjadi satu-satunya Kota/Kabupaten di Sumatera yang berhasil menyabet Terbaik III menyisihkan Kota/Kabupaten lainya yang ada di indonesia.

Walikota Pariaman Mukhlis Rahman memberikan apresiasi kepada jajaran Dinas Kominfo Kota Pariaman yang telah bekerja dengan maksimal, sehingga memperoleh predikat terbaik di Indonesia.

“Semua jajaran di Kominfo yang telah bekerja semaksimal mungkin, sehingga mendapat AMH dari Kementrian Kominfo,” kata Mukhlis Rahman ketika menerima penghargaan ini dari Kadis Kominfo Kota Pariaman, Nazifah dan Kabid IKP Diskominfo Kota Pariaman, Evi Irma diruang kerjanya, senin 27-11-2017.

Katanya, dengan adanya program ini, semoga masyarakat dapat mendapatkan feedback atau umpan balik dari kebijakan yang kita keluarkan sehingga pemberitaan dan program serta kegiatan yang kita laksanakan, betul-betul bersentuhan langsung dengan mereka, dan bersifat informatif.

Mukhlis Rahman juga menyebutkan dengan adanya pemberitaan ini, akan mewujudkan kebersamaan antara pemerintah daerah dan masyarakat kota pariaman.

“Diharapkan melalui pemberitaan yang kita publikasikan, masyarakat pro aktif untuk memberikan kritikan yang kontruktif, sehingga tingkat kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjalankan pembangunan yang pemerintah lakukan, dapat kita kawal bersama,” tutupnya.

Saat ini, lanjut Mukhlis, Pemko Pariaman berbenah untuk mewujudkan e-goverment dengan smart citynya, sebut saja e-budgetting, e-planning, UPIAK, LPSE, e-warung dan yang terbaru adalah transaksi non tunai, yang telah diterapkan di awal November yang lalu.

Hal ini sesuai dengan apa yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Pusat, jelas Mukhlis Rahman, berdasarkan intruksi Presiden RI, Joko Widodo, bahwa dalam pelayanan dan birokrasi, mesti mengutamakan transparansi dan pemangkasan birokrasi, yang selama ini masih terjadi baik di Kementerian, Lembaga Pemerintahan Non Kementerian (LPNK), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Provinsi, serta Kabupaten dan Kota di indonesia.

Ia melanjutkan, AMH kali ke 7 yang dilaksanakan di Palembang ini, agak sedikit berbeda dari AMH-AMH sebelumnya, dimana yang biasanya ada 6 kategori, sekarang dipangkas menjadi 4 kategori, dan untuk kategori Siaran Pers/Pemberitaan dan Media Sosial, merupakan untuk yang pertama kalinya dilombakan di ajang AMH kali ini.

Selain itu, lanjut Mukhlis, juga dilombakan Pameran Stand Terbaik, Lomba KIM tingkat Nasional, serta Penampilan Kesenian PertunjukanTradisional tingkat Nasional, dimana Provinsi Sumatera Barat meraih Terbaik I untuk kategori ini.

Ia berharap, dengan adanya penghargaan ini, desiminasi informasi kegiatan, program dan inovasi yang pemko pariaman buat, untuk masyarakat, dapat lebih lagi, sehingga transparansi serta e-goverment yang menjadi tujuan dari pemerintah pusat, dapat tercapai sesuai yang diinginkan.

Ia menambahkan, AMH 2017 ini merupakan rangkaian dari Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) 2017 yang dilaksanakan dari tanggal 20-23 November 2017 di Provinsi Sumatera Selatan, Palembang. Untuk Pembukaan AMH 2017 ini, dibuka oleh MenPAN RB RI, Asman Abnur, dan untuk penutupan ditutup oleh Dirjen IKP Kemenkominfo RI, Rosarita Niken Wisiastuti yang juga Ketua Umum Bakohumas RI, tandasnya menghakiri.(suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas