Kota Pariaman Sukses Gelar Triathlon Skala Internasional

IMG_20151130_150836PARIAMAN,PADANGTODAY.COM -Pemerintah Kota Pariaman yang bekerjasama dengan Federasi Triathlon Indonesia (FTI) sebagai organisasi resmi penyelenggara event-event olahraga Triathlon di Indonesia tahun ini kembali menggelar event Internasional yang menjadikan Kota Pariaman menjadi tuan rumah acara Pariaman ASTC Triathlon Asian Cup 2015 yang berlangsung di Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, pada 28 – 29 November 2015, Minggu (29/11).

Pariaman ASTC Triathlon Asian Cup 2015 juga menggandeng International Triathlon Union (ITU) untuk dapat menggelar ajang yang bersakala internasional yang pertama di Kota Sabiduak Sadayuang. Kegiatan ini akan diikuti Atlet dari 24 negara, lombanya sendiri meliputi  Triathlon  dengan menempuh renang (750 m), bersepeda (20 km), dan lari (5 km) dan terbagi dalam lima kategori perlombaan berikut ini dengan kelas Elite Sprint Triathlon yang dapat diikuti oleh pria dan wanita dengan usia 16 tahun ke atas, Age Group Duathlon dapat diikuti oleh pria dan wanita degan usia 18 tahun ke atas, Age Group Triathlon yang hanya dapat diikuti oleh pria saja dan usia 18 tahun ke atas dan Triathlon TNI & Polri serta  Sprint Duathlon ( Corporate & PNS ) dapat diikuti pria dan wanita dengan usia 16 tahun ke atas.

Pada pertandingan yang digelar Sabtu, (28/11) pada tingkat Elite Sprint Triathlon untuk putri juara I diraih oleh Emma Jeffcoat dari Australia, disusul Juara II dan III direbut oleh Hideko Kikuchi dan Mariko Adachi dari Jepang. Sedangkan pada tingkat Elite Sprint Triathlon Putra Juara I diraih oleh Jumpei Furuya dari Jepang, Juara II oleh Jonathan Zipf dari Jerman dan Juara III oleh James Chronis dari  Yunani. Untuk kelas TNI dan Polri tampil sebagai juara I Hari Rohman, Juara II Seta serta Juara III direbut oleh Dedi Kristiono.

Pada hari minggunya (29/11) Di kelas duathlon para atlit (putra dan putri) mesti menuntaskan lari sejauh 10 Km kemudian bersepeda menempuh jarak 40 Km dan kembali lari menempuh jarak 5 Km menuju garis finish. Kategori male (pria) tampil sebagai Juara I atlit Indonesia Ardi Sukardi, disusul Juara II atlit Malaysia Loh Chwan Chyin dan Juara III juga atlit Indonesia Hari Rohman. Kelas Age Group Duathlon putri Atlit nasional asal Sunur Pariaman yang tergabung dalam Federasi Indonesia Triathlon, Pelatnas Prima, Eva Desiana mesti puas di posisi kedua sedangkan pemuncak diraih oleh Mirasol Abad dan Miscelle Gilbuena di posisi ketiga yang berasal dari Filipina. Untuk kelas Age Group Triathlon Pria harus menempuh renang di laut sejauh 1,5 Km, diteruskan bersepeda menempuh jarak 40 Km dan terakhir berlari menempuh jarak 10 Km. Atlit Yan Bahtiar berhasil menduduki Juara I, disusul Juara II Muhamad Kaciri kemudian M. A. Firman Juara III.

Pariaman ASTC Triathlon Asian Cup 2015 memperebutkan total hadiah 375 Juta. Khusus bagi Juara 1 dan Juara 2 dari Indonesia akan mewakili dalam event Asian Championship di Jepang pada 2016. Kegiatan ini diharapkan akan menjadi pengembangan kawasan wisata, lengkap dengan segala infrastruktur yang diperlukan serta menjadi kalender tahunan Sport Tourism di Kota Pariaman untuk melaksanakan di tahun selanjutnya. Walikota Pariaman Mukhlis Rahman juga mengatakan akan meningkatkan jumlah Negara yang akan bertanding di Pariaman Triathlon untuk tahun 2016, sehingga Kota Pariaman akan lebih terkenal di dunia internasional.

Pariaman ASTC Triathlon Asian Cup 2015 dihadiri oleh Kementrian Pariwisata RI yang diwakili oleh Kabid Promosi Wisata Buatan Hendri Karnoza, Presiden Federasi Triathlon Indonesia (FTI) Mark Sungkar beserta pengurus FTI lainnya, Gubernur Sumatera Barat Reydonnizar Moenek, Wakil Komandan Lantamal II Padang Kolonel Widhy, Direktur I Jamintel Kejagung Adityawarman, Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet, anggota DPRD Riau H.M. Yusuf, GM Herbalife Indonesia Andam Dewi, Ketua DPRD Mardison Mahyudin beserta Wakil Ketua DPRD John Edward dan Syafinal Akbar, Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Sekdako Armen, Ketua TP PKK Ny. Reni Mukhlis, Ketua GOW Ny. Lucy Genius, Ketua Dharma Wanita Ny. Afni Armen, Kepala SKPD, Petugas Keamanan yang terdiri dari TNI, Polri, Dishubkominfo dan Satpol PP, dan para perantau yang datang serta masyarakat Kota Pariaman yang memenuhi Pantai Gandoriah. (eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*