Kota Pariaman, Sumatera Barat Kaya Dengan Potensi Wisata Bahari

Wisata Bahari Di Pariaman

Wisata Bahari Di Pariaman

Advertisements

Pariaman, PADANGTODAY.COM-Sekretaris Daerah Pariaman, Armen mengatakan Kota Pariaman, Sumatera Barat kaya dengan potensi wisata bahari. Sejauh ini obyek wisata bahari cukup diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Kota Pariaman kaya akan obyek wisata bahari yang ada disepanjang 12,5 kilometer panjang pantai kota ini. Salah satunya adalah Pantai Cermin,” kata Armen, di Pariaman, Senin (26/1/2015).

Ia menjelaskan, disamping obyek wisata pantai, Kota Pariaman juga memiliki panorama bawah laut yang cukup memukau dan kaya akan keindahan terumbu karang di dalamnya. “Kita juga memiliki enam buah pulau yang bernuansa eksotis serta kekayaan tradisi budaya yang telah lama diwariskan sejak ratusan tahun yang lalu,” ujarnya.

Sejak lima tahun yang lalu, Pemkot Pariaman juga telah berhasil mengembangkan kawasan penangkaran penyu yang berlokasi di Pantai Mangguang, Kecamatan Pariaman Utara.

“Melalui kebijakan pengembangan Kawasan Konservasi Perairan (KKP) ini, telah dapat diminimalisir degradasi sumber daya kelautan dan perikanan dan pusat penangkaran penyu, sekaligus menjadi obyek wisata edukasi bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman,” jelas Armen.

Ia mengatakan, upaya mewujudkan Kota Pariaman sebagai daerah wisata berbasis ekonomi kreatif, sekaligus untuk meramaikan Kota Pariaman, telah menampakkan hasil.

“Berbagai pembangunan infrastruktur penunjang kepariwisataan kita bangun dan dilengkapi sehingga menjadi destinasi bagi setiap orang untuk mau berkunjung ke Pariaman, sebuah kota yang kaya akan aneka kuliner yang menggugah rasa serta aneka sulaman yang khas, sebagai warisan budaya dan ekonomi kreatif sejak dahulu kala,” katanya.

Ia menjelaskan, ramainya kota ini dikunjungi, maka transaksi ekonomi akan berputar, ekonomi masyarakat akan bergairah dan pada akhirnya kesejahteraan masyarakat akan meningkat.

“Maka, pariwisata yang merupakan salah satu potensi unggulan yang telah dikaruniai Tuhan untuk Kota Pariaman akan terus kita lanjutkan dan kembangkan seoptimal mungkin,” ungkapnya.

Sementara itu ditempat terpisah, Ptl Kepala Dinas Pariwisata Kota Pariaman, Yusrizal mengatakan, sektor pariwisata menjadi andalan utama bagi pemerintah dan masyarakat Kota Pariaman dalam memajukan perekonomian.

“Oleh sebab itu, berbagai upaya terus dilakukan untuk menciptakan daya tarik bagi wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara,” katanya.

Yusrizal menjelaskan, peningkatan kunjungan wisatawan berdampak positif pada sektor perdagangan, perhotelan dan restoran. Terjadi transaksi ekonomi yang cukup besar dari geliat pariwisata.

Pemkot Pariaman berupaya melengkapi fasilitas di beberapa obyek wisata yang ada di Pariaman, terutama di beberapa pulau dikunjungi wisatawan asing, seperti Pulau Angso, Kasiak, Tangah, Ujuang dan Pulau Bando.

Apabila kawasan wisata sudah benar tertata dengan baik maka dipastikan investor akan berdatangan menanamkan investasi untuk kelengkapan obyek wisata yang lebih layak. “Wisatawan yang mau berkunjung pasti akan senang bila saran dan prasaran di obyek wisata dibenahi oleh pemerintah,” tambah Yusrizal.
(antara/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*