Kota Pariaman Terapkan Reformasi Secara Berkala

PARIAMAN, PADANGTODAY.com-Pemerintah Kota Pariaman telah menerapkan reformasi birokrasi secara berkala di lingkungan Pemko Pariaman, agaer terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik. Hal ini disampaikan Walikota Pariaman, Mukhlis R, pada acara sosialisasi Penilaian Mandiri Reformasi Birokrasi di lingkungan Pemko Pariaman, Rabu (11/2) di Aula Balikota Pariaman.

Menurutnya, Setiap instansi pemerintah daerah dituntut untuk mempercepat tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik melalui penerapan Reformasi Birokrasi. Hal ini telah diterapkan oleh Pemerintah Kota Pariaman secara bertahap. Selain itu, dengan adanya kegiatan ini ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada para operator Reformasi Birokrasi yang berfungsi sebagai asesor di masing-masing SKPD dalam hal proses pengolahan data dan penyusunan laporan, “ungkapnya.

Dijelaskan, pelaksanaan reformasi birokrasi yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 81 tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi ini telah kita mulai secara bertahap dan sosialisasi penilaian mandiri Reformasi Birokrasi ini menjadi momentum yang sangat penting dalam rangka peningkatan dan pemantapan Reformasi Birokrasi di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman,” ungkap Walikota.

“Dalam kesempatan itu, Walikota berharap, seluruh Kepala SKPD dan pimpinan unit kerja, para Sekretaris dan asesor yang ditunjuk melakukan penilaian agar bekerja maksimal guna melakukan penilaian secara mandiri untuk disampaikan secara resmi kepada Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi untuk di evaluasi, “jelas Mukhlis R.

Agar pelaksanaan Reformasi Birokrasi dapat berjalan sesuai dengan arah yang telah ditetapkan, tambah Mukhlis R, maka perlu dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dari hasil pelaksanaannya.
“Saya yakin kita bisa melakukan Reformasi Birokrasi ini dengan tulus dan bahagia,” ujar Walikota pada akhir sambutannya.

Acara yang dihadiri oleh seluruh Kepala SKPD, dan peserta sosialisasi yang terdiri dari Sekretaris masing-masing SKPD dan para asesor/operator yang ditempatkan di masing-masing SKPD ini menghadirkan 2 orang narasumber dari Kemenpan RI, Tri Susilo, S.Sos, MM dan Desmawita, SE, MAP.(eri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*