Kota Payakumbuh Kembali Memperoleh Penghatgaaan Bergengsi Dari Pemerintah Pusat

Payakumbuh, PADANGTODAY.com-Kota Payakumbuh kembali memperoleh penghargaan bergengsi dari pemerintah pusat. Kali ini kota yang berpenduduk 120 ribu jiwa ini, memperoleh Anugerah Parahita Ekapraya (APE) kategori Madya dari Presiden Joko Widodo, melalui Kementerian dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Sebelumnya, tahun 2012 dan 2013, Payakumbuh baru mampu menerima APE kategori pratama.

Penghargaan APE ini diterima Walikota Riza Falepi, dari Menteri Pemberdayaan Yohanna Yambise, dalam acara di Gedung Pertemuan BKKBN Halim Perdana Kusuma Jakarta, Jum’at (19/12) malam.

APE semacam penghargaan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang berhasil melaksanakan pembangunan dibidang Perempuan, berupa penyetaraan gender dan perlindungan anak. Saat penyerahan Walikota Riza Falepi, didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan KB Payakumbuh, Drs. Hermayunis.

Penghargaan APE diberikan pemerintah bertujuan untuk memotivasi pelaksana program Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yang berada di pusat maupun di daerah untuk lebih meningkatkan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, sehingga strategi pengarustamaan gender serta pemenuhan hak anak dalam setiap pembangunan dapat terlaksana secara sistematis

Keterangan Walikota Payakumbuh Riza Falepi, penghargaan APE yang diterima bentuk kepedulian pemko dalam program pemberdayaan masyarakat dan perlindungan anak. Selama ini Pemko dalam melaksanakan pembangunan, benar-benar melibatkan masyarakat terutama kalangan perempuan.

Keterlibatan masyarakat dilakukan Pemko dengan menggandeng seluruh organisasi wanita, seperti TP-PKK, Dhamawanita, Persit KCK, IKD, Bhayangkari, IWAPI, yang kesemuanya tergabung dalam GOW (Gabungan Organisasi Wanita). “kita selalu melibatkan seluruh anggota GOW dalam gerakan pemberdayaan masyarakat,” ucap Suwandel.

Di antara sukses yang diraih Payakumbuh dalam pemberdaya masyarakat adalah lewat prestasi lomba-lomba gerakan PKK, kelurahan berprestasi P2WKSS, serta kegiatan perlindungan anak melalui organisasi Pemuda Pelopor Indonesia. Untuk perlombaan tersebut, Payakumbuh selalu menjadi yang terbaik di Sumatera Barat. Dampaknya, peningkatan ekonomi Payakumbuh dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Kalangan kaum ibu, ikut merasakan pertumbuhan ekonomi tersebut ditandai dengan munculnya kelompok-kelompok usaha bersama (KUBE) dan kelompok wanita tani (KWT) yang produktif. Kedua kelompok ini, cukup berkembang dalam menggerakkan ekonomi masyarakat.(mnc)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*