Koto Nan Gadang Juarai Pidato Adat

 

PAYAKUMBUH, PADANGTODAY.com-Pasangan Yono Gusdianputra dan Media Yulianto dari Nagari Koto nan Gadang, Kecamatan Payakumbuh Utara, tampil sebagai juara dalam lomba pidato adat pada Pekan Remaja Muslim (PRM) I/2014, yang berlangsung di Medan nan Bapaneh Taman Wisata Ngalau Indah, Payakumbuh, Minggu (19/10). Duet ini mencatat nilai tertinggi, mengungguli tiga pasangan rivalnya dari kecamatan berbeda.

Lomba pidato adat, dengan thema pasambahan makan itu, hanya diikuti empat dari delapan nagari di Kota Payakumbuh. Empat nagari lainnya yang absen turun berlaga dari Nagari Balai Jariang, Payobasung, keduanya dari Payakumbuh Timur, Nagari Aur Kuniang dari Payakumbuh Selatan dan Nagari Lampasi, Kecamatan Latina.

Tampil sebagai pemenang kedua perwakilan dari Nagari Tiakar Kecamatan Payakumbuh Timur atas nama Adam dan Randi, disusul perwakilan Nagari Limbukan Kecamatan Payakumbuh Selatan, atas nama Januar Efendi dan Zulfadli sebagai pemenang ketiga. Pasangan Basril Efendi dan Yuliadi Susanto dari Koto nan Ampek, Payakumbuh Barat, harus puas di urutan keempat atau harapan I.

Ketua dewan juri Maharnis Zul, S.Pd, menyayangkan sedikitnya peserta lomba pidato adat dalam PRM ini. Menurutnya, terbatasnya peserta ambil bagian, karena langkanya generasi muda yang memahami dan piawai dalam menyampaikan pidato pasambahan. Pasalnya, usia peserta dibatasi panitia di bawah 30 tahun. Persoalan ini, seyogianya menjadi catatan bagi seluruh pengurus KAN, untuk mencetak kader yang mampu memahami pidato adat ke depan.

Dikatakan, untuk merangsang generasi muda mencintai budaya minang, yang lancar menyampaikan pasambahan, perlu kearifan seluruh ninik mamak pemangku adat. Tidak hanya tanggung jawab pengurus KAN dan pemerintah. Tapi juga tanggung jawab ninik mamak di setiap kaum, untuk mendorong kemenakannya mempelajari nilai-nilai adat alam Minangkabau ini.(malin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*