KPK Limpahkan Perkara Eks Gubernur Papua Ke Pengadilan Pidana Korupsi Jakarta

KPK Limpahkan Perkara Eks Gubernur Papua Ke Pengadilan Pidana Korupsi Jakarta.

KPK Limpahkan Perkara Eks Gubernur Papua Ke Pengadilan Pidana Korupsi Jakarta.

Jakarta, PADANGTODAY.COM-Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan perkara dugaan korupsi Pembangkit Listrik Tenaga Air Detail Enginering Design Sungai Memberamo dan Urumuka tahun anggaran 2009-2010 di Provinsi Papua ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta. Dengan demikian, tiga tersangka dalam kasus tersebut akan segera disidang.

Ketiga tersangka dalam kasus ini yaitu mantan Gubernur Papua, Barnabas Suebu; Direktur Utama PT Konsultasi Pembangunan Irian Jaya (KPIJ) Lamusi Didi, dan mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua Jannes Johan Karubaba.

“Kamis pekan lalu berkas dilimpahkan ke penuntutan dan Senin 29 Juni telah dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Jakarta,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK Priharsa Nugraha, Rabu (1/7/2015).

Priharsa mengatakan, persidangan tinggal menunggu jadwal dari Pengadilan Tipikor.

“Untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan di pengadilan menunggu jadwal dari Pengadilan Tipikor,” kata dia.

Nilai proyek DED PLT di Sungai Mambramo dan Urumuka mencapai sekitar Rp 56 miliar dengan kerugian negara senilai Rp 36 miliar. KPK menduga PT KPIJ melakukan penggelembungan harga proyek apalagi masih ada hubungan dengan Barnabas karena merupakan inner circle dari Barnabas.

Barnabas dan Lamusi juga ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi dalam kegiatan Detail Engineering Design (DED) PLTA Danau Sentani dan Danau Paniai tahun anggaran 2008 di Provinsi Papua. Penetapan tersebut merupakan pengembangan dari kasus pertama yang menjerat keduanya.
(ankm/mms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas