KPK Menyerah Tangani Kasus Budi Gunawan

Ilustrasi KPK

Ilustrasi KPK

Advertisements

PADANGTODAY.COM– Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan kasus Komjen Budi Gunawan ke Kejaksaan Agung. Langkah ini menuai kritik karena KPK dinilai ciut menuntaskan kasus Kalemdikpol tersebut.

“KPK jangan menyerah tangani kasus BG, harus lakukan upaya maksimal, upayakan jalur hukum. Tetap tangani kasus BG,” ujar Ray Rangkuti dari Koalisi Masyarakat Sipil Anti Kriminalisasi KPK.
Ray menilai beberapa hal yang dijadikan alasan KPK terlalu dibuat-buat, seperti masih tangani 36 kasus. Selain itu tak adanya langkah hukum setelah putusan praperadilan Komjen Budi harus dikritik.

“Pertama mereka belum lakukan langkah hukum dalam bentuk PK. Hanya karena surat tidak dibalas menyimpulkan seolah-olah gugatan tidak menang. Ajukan saja PK baru akan diketahui sikap MA,” tegasnya.

Seharusnya, kata Ray, langkah lain yang bisa dilakukan KPK adalah menerbitkan sprindik baru terhadap BG. Ray mengatakan keputusan pengadilan negeri tidak serta merta membatalkan kemungkinan adanya dugaan gratifikasi BG.

Ray melihat kasus korupsi yang ditangani KPK tidak ada apa-apanya dibanding praktik korupsi yang merajalela. Untuk itu KPK harus gunakan upaya hukum sebesar-besarnya tangani kasus BG.

“Kalau mereka (KPK) menyerah begitu saja memberi dampak psikologis yang luas pada rakyat Indonesia,” tandasnya.

(did/**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*