KPU Berikan Perhatian Khusus Pada Penyandang Disabilitas

Padang-today.com – Komisi Pemilihan (KPU) Sumbar tetap memperhatikan hak penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilih di Pilkada 2020.

“Hak pilih penyandang cacat atau disabilitas pada Pilkada 2020 mendapat perhatian khusus,”kata Komisioner KPU Sumbar Izwaryani di Padang.

Menurut dia,KPU tidak melupakan hak pilih penyandang disabilitas mental. Sudah melakukan pendataan untuk bisa menggunakan hak pilih pada 9 Desember 2020.

“Namun bila ada penyandang Disabilitas tidak masuk DPT Pilkada, bisa gunakan e-KTP sesuai dengan domisili pada pukul 12.00 WIB.Hal ini untuk menjamin seluruh warga negara tanpa terkecuali terfasilitasi hak pilihnya,”ungkap dia.

Disamping itu lanjut dia, KPU mempermudah akses bagi Disabilitas di   Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan konsep ramah disabilitas. Bagi disabilitas dari tuna rungu dan tuna daksa, saat pencoblosan boleh meminta pendamping ke bilik suara. Pendamping tersebut bisa dari keluarga atau petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

“Tuna netra dan orang yang tidak mempunyai tangan (tuna daksa,red) boleh di temani saat mencoblos, namun sebelumnya harus mengisi formulir C3 sebuah formulir pendamping pemilih. Pendamping saat mencoblos harus sesuai dengan keinginan atau pilihan disabilitas yang mempunyai hak pilih,”jelas Izwaryani.

Dia menambahkan, pemilih jangan takut, TPS aman dari penyebaran virus corona. TPS tersebar di Sumbar menerapkan protokol kesehatan guna melindungi pemilih dari penyebaran virus corona.

Pemilih wajib pakai masker saat mau masuk ke dalam TPS,  diminta untuk cuci tangan oleh petugas, selanjut di ukur suhu tidak boleh 37,3derajat celcius,paku yang dipakai akan disemprot disinfektan oleh petugas.

“Ketika sampai TPS bersuhu tinggi, maka akan diantarkan semuanya dengan TPS khusus, ketika sudah positif dan isolasi mandiri akan didatangi kerumah, dan tidak perlu datang ke TPS agar pemilih lainnya tidak terpapar, demikian juga yang ditawan di Rumah Sakit,”sebut dia.

Sementara itu Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Padang Icul Suhardi menyebutkan PPDI siap menfasilitasi KPU demi suksesnya Pilkada 2020.

“Pihaknya akan pro aktif untuk menyukseskan Pemilu atau pun Pilkada,”sebut dia.

Menurut dia,kebutuhan aksesibilitas bagi kelompok Disabilitas dalam kategori yang spesifik.

Kelompok Disabilitas harus mendapatkan kemudahan dari dari KPU selaku penyelenggara Pemilu seperti aksesibilitas lingkungan yang nyaman bagi kelompok Disabilitas dalam memberikan hak politiknya

KPU setidaknya bisa juga menyediakan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas  yang akan berikan Hak politiknya di TPS.

Icun  mencontoh, pada tuna netra KPU menyiapkan surat suara huruf breile, adanya sarana tenaga pendamping tahu dengan huruf breile saat di bilik suara.
kebutuhan aksesibilitas bagi kelompok Disabilitas dalam kategori yang spesifik.

“Itu yang kami butuhkan sehingga kami merasa dihargai juga dalam sebuah pemilihan,”imbuh dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*