KPU Coret Caleg Gerindra Dari DCT

 

     Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanah Datar mencoret Calon Legislatif (Caleg) partai Gerindra dari Daftar Calon Tetap (DCT).

     “Pihaknya baru satu orang caleg yang dicoret dari DCT untuk Pemilu 2019,”kata Komisioner KPU Kabupaten Tanah Datar Fitri Yenti ketika dihubungi.

Ia menjelaskan, Caleg Gerindra dicoret atas nama Sri Kartika Dewi nomor urut 9 Daerah Pemilihan (Dapil) Tanah Datar 1, tersangkut kasus narkoba.

    “KPU mencoret pada 27 Februari 2019, yang bersangkutan di vonis 3 tahun penjara dan sudah berkekuatan hukum tetap. Salinannya sudah kita terima,” pungasnya

    KPU berhak mencoret caleg yang sudah di tetapkan dalam DCT. Namun, nomor tersebut tidak dihilangkan dalam DCT. “Dan, pihak partai politik pun tidak bisa melakukan penggantian,”tegas Fitri Yenti

    Fitir Yeye menambahkan, meskipun nama telah dicoret dari DCT. Nama caleg tersebut tetap tercantum dalam surat suara karena pencoretan itu dilakukan setelah surat suara dicetak, sehingga tidak bisa diubah.

“KPPS akan mengumumkan caleg telah dicoret  tersebut di TPS dapil caleg bersangkutan agar pemilih tahu caleg tersebut telah dicoret,”pungkas dia

    Sementara itu Sekretaris DPD Gerindra Sumbar Desrio Putra menyatakan, apa terjadi pada Antoni Surya Roza merupakan pengalaman berharga bagi semua caleg Gerindra pada pemilu 2019 agar lebih berhati hati dalam melakukan kampanye.

Partai Gerindra dari awal telah menjelaskan kepada semua caleg partai gerindra yang ikut berkompetisi dalam pemilu agar melaksanakan semua ketentuan baik Undang2, PKPU, atau Perbawaslu.

“Semua kader Gerindra harus taat hukum, kami yakin tidak hanya Antoni Surya Roza yang telah melakukan kesalahan tetapi pasti ada caleg lain partai lain juga telah melakukan pelanggaran-pelanggaran kampanye,”kata dia.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas