KPU KEMBALIKAN DOKUMEN PERINDO PADANG

Ketua DPD Perindo Padang,Apriyatna ketika menyerahkan dokumen pendaftaran parpol peserta Pemilu 2019.

 

 

Padang-today.com – KPU terpaksa kembalikan berkas dokumen pendaftaran DPD Perindo Padang.

“Dokumen pendaftaran Perindo Padang calon peserta pemilu 2019 dikembalikan pada pengurus parpol,”kata Divisi Hukum KPU Padang,Riki Eka Putra di Padang.

Ia menjelaskan,KPU mengembalikan berkas karena ada beberapa persyaratan belum di penuhi oleh DPD Perindo Padang ketika dilakukan penelitian oleh petugas penerima pendaftaran.

“Pasalnya parpol tersebut saat penyerahan ada belum lengkap dukomen pendaftarannya,”ungkapnya.

KPU mengembalikan dokumen tersebut untuk segera dilakukan perbaikan oleh DPD Perindo. “Jika dokumen lengkap,kami akan berikan tanda terima pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2017,”jelas Riki.

Ia menyatakan,parpol calon peserta Pemilu 2019 harus memenuhi persyaratan sesuai telah ditentukan dalam peraturan.

Persyaratan dokumen harus di siapkan parpol yakni,dokumen sk penghubung yang ditandatangi ketua dan sekretaris partai ,hard copy dan soft copy nama dan alamat anggota,foto copy KTA parpol,foto copy KTP anggota parpol. Kalau untuk foto copy KTA anggota parpol serta foto copy anggota parpol, Perindo sudah melebihi namun untuk persyaratan lain ada belum cukup dalam dokumen ketika penyerahan.

“Masih ada waktu untuk memenuhi semua dokumen persyaratan parpol Pemilu 2019 hingga 16 Oktober 2017 mendatang,”jelas Riki.

Ia menyatakan ada tahapan yang harus dilalui parpol. Merujuk aturan, sebelum mendaftar parpol wajib memasukkan data ke Sipol. Data antara lain meliputi data pengurus parpol pusat, provinsi dan kabupaten/kota, data anggota tingkat kabupaten/kota serta data pendukung lainnya.

Setelah melakukan input data, formulir dari Sipol dicetak dan diserahkan ke KPUD saat mendaftar beserta syarat lainnya.

“Bila hasil penelitian ada kekurangan dokumen atau tidak sama dengan Sipol maka KPUD Padang mengembalikan ke parpol untuk dilengkapi. Adapun penyerahan berkas pendaftaran parpol dibuka mulai 3 Oktober 2017 sampai 16 Oktober 2017,”katanya.

Sementara itu Ketua Panwaslu Padang,Dorry Putra menyatakan,Panwaslu ikut menyaksikan serta mengawasi penyerahan berkas oleh parpol di KPU.

“Kami mengawasi penyerahan berkas dilakukan oleh parpol calon peserta Pemilu Tahun 2019,”katanya.

Ia menjelaskan,saat ini baru satu parpol yakni Parindo Kota Padang yang menyerahkan dokumen pendaftaran calon peserta Pemilu 2019.

“Dari hasil pemantuan dilakukan,ada beberapa persyaratan dokumen belum dilengkapi oleh Perindo,”ujarnya.(der)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*