KPU Kota Pariaman gelar Bimtek Coklit

Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria beri sambutan ketika buka bimtek coklit

Kota Pariaman,Padang-today.com__Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) Coklit (penCocokan dan peneLitian) serentak secara nasional, yang akan dilaksanakan 20 Januari 2018 mendatang, bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Selasa (16/1).

Coklit ini tahapan dimulai dari 20 Desember 2017 lalu, dengan diserahkannya DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilihan), dari Kementerian Dalam Negeri ke KPU RI. Setelah itu dilakukan pembentukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan pengadaan Bimtek tanggal 19 Desember 2017 – 17 Januari 2018, dan Monitoring Coklit, dimulai dengan Coklit secara nasional tanggal 20 Februari sampai 18 Februari 2018 mendatang.

Bimtek Coklit yang dibuka oleh Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria mengatakan bahwa kepada PPDP yang berjumlah 171 orang ini, yang tersebar di 71 Desa dan kelurahan se Kota Pariaman, agar dalam menjalankan coklit nanti, PPDP juga dapat mensosialisasikan tentang tahapan Pilkada dan bakal calon pasangan (bapaslon) walikota dan wakil walikota pariaman mendatang.

“Jangan sampai, PPDP yang memperkenalkan diri dalam menjalankan tugasnya, tidak tahu tahapan Pilkada dan Bapaslon yang telah mendaftar ke KPU Kota Pariaman, pada 8-10 Januari kemaren,” ujarnya.

Bapaslon walikota dan wakil walikota pariaman yang telah mendaftar ke KPU Kota Pariaman, pertama Genius – Mardison yang diusung oleh 5 partai politik (parpol), yaitu PBB, Golkar, PAN, PPP dan PDI P dengan perolehan 11 Kursi di DPRD Kota Pariaman.

Bapaslon kedua yang mendaftar Mahyudin – M. Ridwan yang diusung oleh 2 parpol yaitu Gerindra dan PKS dengan jumlah 4 kursi, dan bapaslon ketiga yang mendaftar Dewi – Pabrizal yang diusung oleh 2 parpol yaitu Nasdem dan Hanura dengan jumlah 5 kursi di DPRD Kota Pariaman.

“Kepada semua PPDP agar dapat menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya, mulai dari pencocokan data dan penelitian DP4 serta mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bapaslon, sehingga mereka mengetahui, dan juga jangan lupa untuk mengajak mereka untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) di hari pencoblosan nanti di tanggal 27 Juni 2018 mendatang,” tutupnya.

Bimtek ini diikuti sebanyak 171 PPDP yang telah dibentuk oleh KPU Kota Pariaman, dengan dibagi 2 sesi, untuk pagi bagi PPDP Kecamatan Pariaman Timur dan Kecamatan Pariaman Utara, dan siang bagi PPDP Kecamatan Pariaman Tengah dan Kecamatan Pariaman Selatan. Hadir juga dalam acara ini para Komisioner KPU Kota Pariaman dan jajaran KPU Kota Pariaman lainnya. (suger)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas