KPU Limapuluh Kota Resmikan Ruang PPID, Dukung UU Keterbukaan Informasi Publik

KPU Limapuluh Kota Resmikan Ruang PPID, Dukung UU Keterbukaan Informasi Publik

KPU Limapuluh Kota Resmikan Ruang PPID, Dukung UU Keterbukaan Informasi Publik

Tanjungpati, PADANG-TODAY.com-KPU Limapuluh Kota meresmikan ruang pelayanan Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) di Aula kantor KPU di Tanjung Pati, Rabu (14/12/2016). Peresmian ini dihadiri oleh Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sumatera Barat; Arfitriati dan Yurnaldi. Dari KPU Sumbar hadir Komisioner Fikon. Peresmian ini juga diikuti sejumlah utusan dari parpol, ormas, SKPD dan undangan lainnya.
Wakil Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat Arfitriati, pada kesempatan itu, menyampaikan, komisi informasi provinsi Sumatera Barat hadir sebagai amanah UU No.14 tahun 2008 tentang keterbukaan publik.

“Secara umum Komisi Informasi ini hadir karena amanah undang-undang tadi. Jadi sangat luas sekali mitra kerja dari komisi ini. Tugas pokoknya adalah menyelesaikan sangketa informasi yang terjadi. Jadi sangketa terjadi kalau informasi yang dibutuhkan publik tidak bisa diterimanya sebagaimana mestinya. Kecuali informasi yang dikecualikan,” ujarnya.

Menurutnya, keterbukaan informasi publik itu tidaklah sulit.

“Kami melihat di KPU Limapuluh Kota ini semuanya sudah sangat baik. Ada meja pelayanan dan informasi yang terletak di front office. Sementara masih banyak KPU di daerah lain masih belum memikirkan atau masih galau, KPU Limapuluh Kota sudah berbuat. Kami sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan KPU Limapuluh Kota ini. Kita berharap KPU Limapuluh Kota menjadi terdepan dalam hal informasi publik ini,” tambahnya.

Sementara Ketua KPU Limapuluh Kota Ismet Aljannata, menyampaikan informasi publik adalah informasi yang diterima KPU selanjutnya diolah untuk disampaikan kepmbali kepada seluruh pihak. Untuk itulah PPID ini ada di KPU Limapuluh Kota.
“Seluruh KPU di Indonesia diharuskan untuk membentuk pelayanan PPID ini sebagai amanah dari undnag-undang dan juga untuk mendukung indormasi keterbukaan publik. Untuk itu, KPU Limapuluh Kota telah menyiapkan satu ruangan khusus untuk memberikan informasi kepada masyarakat untuk mengetahui data-data yang diinginkan dari KPU,” ujarnya.

Bupati Limapuluh Kota diwakili Asisten I Setdakab Syahrial.

Syahrial menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada KPU Limapuluh Kota yang sudah menjalankan UU tentang keterbukaan publik ini.

“Kami dari Pemkab sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan KPU dalam memberikan layanan informasi publik ini. Dengan keterbuakaan informasi ini, masyarakat jadi tahu dan bisa kritis dalam menerima informasi,” pungkasnya.

Sementara itu, anggota KPU Limapuluh Kota, Ilham Yusardi mengatakan KPU Lima Puluh Kota dengan senang hati akan melayani masyarakat dalam mendapatkan informasi yang diperlukan.

“Pelayanan Informasi tersebut adalah kewajiban KPU sebagai lembaga Publik. Kami akan melayani masyarakat, tentu dengan tata tertib dan prosedur yang sesuai SOP,” ujar Ilham yang juga pernah bergelut di dunia wartawan ini.(rel/Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas