KPU Limapuluh Kota Terakhir Rekapitulasi Tingkat Provinsi

    Padang-today.com – Rekapitulasi suara Pemilu 2019 Tingkat provinsi dilaksankan hingga lima hari oleh KPU Sumbar. KPU Kabupaten Limapuluh Kota terakhir melakukan rekapitulasi suara tingkat Provinsi.

“Semula dijadwalkan tiga hari tuntas, namun bisa diselesaikan rekapitulasi suara pemilu Tingkat provinsi selama lima hari,”kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen di Padang.

    Ia menjelaskan, proses rekapitulasi suara tingkat Provinsi berjalan dengan baik.

“Semua parpol yang hadir, bawaslu
sepakat semua persoalan diselesaikan dengan baik, proses rekap berjalan baik,”ujar dia.

     Terkait molornya jadwal Rekapitulasi, Amnasmen menyatakan, sebetul tidak molor dari jadwal. Sebelumnya KPU Sumbar menjadwalkan rekapitulasi tingkat provinsi enam daerah setiap hari namun beberapa penghitungan di KPU kabupaten dan kota harus mengalami perbaikan.

   “Ini sudah diselasiakan KPU kabupaten kota ketika rekapitulasi tingkat provinsi,”imbuh Amnasmen.

    Dia menambahkan, selesai Rekapitulasi tingkat provinsi selanjut pada Senen (13/5) dilanjutkan rekapitulasi tingkat nasional di Jakarta.

“KPU Sumbar menyiapkan bahan untuk rekapitulasi tingkat nasional,”kata dia.

Untuk hasil Pilpres di Sumbar, dari hasil rekapitulasi tingkat provinsi pasangan capres-cawapres nomor urut 02, yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mendapatkan suara sebanyak 2.488.733 suara atau 85,92 persen dari total 2.896.494 suara sah.

Pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin hanya mendapat 407.761 suara atau 14,08 persen.

    Dari total 19 kabupaten dan kota yang ada di Sumbar, Prabowo Sandi merebut kemenangan di 18 kabupaten dan kota. Jokowi-Ma’ruf hanya merebut kemenangan di Kabupaten Kepulauan Mentawai. (dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas