KPU Mentawai Miliki RPP

Padang-today.com – Rumah Pintar Pemilu merupakan sarana edukasi demokrasi mengenai proses demokrasi ini, terutama bagi pemilih di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
   
    “Rumah Pintar Pemilu sarana edukasi dan pusat informasi seputar pelaksaaan Pemilu bagi masyarakat,”kata Ketua KPU Kabupaten Kepulauan Mentawai, Eki Butman.

    Rumah Pintar Pemilu dikonsep sedemikian rupa guna menyosialisasikan tentang kepemiluan dan dapat diakses seluruh masyarakat. “Melalui RPP ini KPU berupaya mengedukasi masyarakat tentang kepemiluan,”pungas Eki Butman.
   
   Eki menyadari masih terdapat sejumlah kekurangan pada RPP sehingga meminta masukan serta dukungan pemerintah daerah agar lebih baik lagi.

    “Rumah pintar Pemilu nantinya akan dilengkapi fasilitas sehingga masyarakat tahu bagaimana proses demokrasi pada masyarakat,”ungkapnya.
   
    Sementara itu Nova Indra Divisi Data dan Informasi KPU Sumbar menyatakan RPP salah satu kegiatan dimiliki KPU-RI sejak 2014.
   
   “Di KPU Sumbar sudah di buat rumah pintar kemudian ada di seluruh KPU kabupaten/ kota Sumbar di tahun 2018,”katanya.

   Ia menjelaskan, RPP ini merupakan layanan dan ruang edukasi kepada masyarakat tentang apa dan bagaimana proses pemilu dan demokrasi di Indonesia.
  
   “Rumah Pintar Pemilu terbuka untuk umum. Oleh karenanya, masyatakat yang berada di Kabupaten Kepulauan Mentawai dapat memanfaatkan fasilitas edukasi yang sudah dibangun,”ungkapnya.

    RPP tidak saja ada soal kepemiluan namun  RPP agar di lengkapi dengan ruangan audiovisual, ruang diskusi, sejarah berdirinya Kabupaten Kepulauan Mentawai, foto bupati sejak awal, ketua DPRD.
   
    “Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih tahu kapan dijadikan Kabupaten Kepulauan Mentawai,siapa saja bupatinya, ini menjadi bahan juga pada siswa sekolah,”jelas Nova Indra.
   


    Disisi lain Kepala desa sipora jaya, Mujiyanto menyatakan RPP di KPU Kabupaten Kepulauan sangat besar manfaatnya pada masyarakat.
   
    “Masyarakat bisa lebih tahu tahapan-tahapan pemilu, siapa-siapa saja calon anggota dewan, dan lain sebagainya,”katanya.(dg)
   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas