KPU Padang Sortir dan Lipat Surat Suara Pilkada

     Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang melakukan proses  pelipatan dan sortir surat suara Pilkada 2018.

“Pihak telah mengagendakan untuk melakukan pelipatan dan penyortiran surat suara yang telah sampai di KPU dari percetakan,”kata Komisioner KPU Padang,Mahyuddin saat di hubungi.

Ia menjelaskan,dalam penyortiran surat suara tersebut akan melibatkan masyarakat sekitar.

Kegiatan penyortiran ini dijaga ketat dari pihak kepolisian,Sat.Po PP serta pihak terkait lainnya.

“Surat suara tersebut masih berada dalam gudang KPU. Tidak dibolehkan siapa saja masuk tanpa seizin KPU.Gudang tersebut dijaga ketat pihak kepolisian,”imbuh Mahyuddin.

Ia menambahkan,surat suara Pilkada Tahun 2018 sesuai dengan jumlah DPT.

     Jumlah kertas surat suara tersebut mengikuti perhitungan dari daftar pemilih tetap (DPT) yang ditetapkan yakni sebanyak 535.265 ditambah 2,5 persen sebagai cadangan.

“Prose penyortiran dan pelipatan kertas surat suara ditargetkan 31 Mei 2018,”imbuhnya.

       Ia menyatakan,proses penyortiran dan pelipatan surat suara dilakukan untuk memastikan surat suara yang akan digunakan untuk Pilkada benar-benar sempurna dan dapat digunakan.

     “Kalau nanti ditemukan surat suara yang tidak sesuai, akan disimpan. Surat suara rusak tersebut nanti akan diganti dengan yang baru,”katanya.

     Ia melanjutkan, kategori surat suara rusak yang harus disortir misalnya, warna tidak jelas, terdapat bercak tinta, sobek dan berlubang. Jika ditemukan, pihaknya langsung mengirimkan ke provinsi untuk dilakukan pengadaan baru.

    “Jumlah surat suara yang kita lipat akan didistribusikan di 11 kecamatan terdiri atas 104 kelurahan meliputi 1.600 tempat pemungutan suara, yang direncanakan sekitar 13 Juni 2018”,katanya.

Sedangkan logistik lainya seperti tinta sebanyak 320,bilik suara dan lainya sudah ada di gudang. “KPU Padang menggunakan bilik suara lama untuk disebar di 1.600 Tempat Pemungutan Suara (TPS),”imbuh Mahyuddin.

Pilkada Padang 2018 diikuti oleh dua pasang kandidat, yakni Emzalmi berpasangan dengan Desri Ayunda nomor urut satu dan Mahyeldi Ansharullah-Hendri Septa nomor urut dua. (der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas