KPU Sijunjung Tata Arsip Pemilu ke Pemilu

KPU Sijunjung Tata Arsip Pemilu ke Pemilu

KPU Sijunjung Tata Arsip Pemilu ke Pemilu

Advertisements

Sijunjung, PADANG-TODAY.com-Arsip Pemilu tahun 2004 dan Pemilihan  Kepala Daerah Kabupaten Sijunjung tahun 2005, sebagian jejaknya tidak ditemukan lagi. Padahal, arsip itu sangat dibutuhkan untuk pekerjaan kepemiluaan ke depan dan data sejarah pelaksanaan elementer  demokrasi.

“KPU Kabupaten Sijunjung berterima kasih kepada Badan Perpustakaan dan kearsipan Provinsi Sumbar dan Kantor Perpustakaan, Kearsipan dan Dokumentasi Kabupaten Sijunjung atas kerja sama tentang penataan arsip Pemilu. Kita menyadari bahwa sebagian arsip kepemiluan kita sudah hilang jejak,” kata Ketua KPU Kabupaten Sijunjung, Taufiqurrahman saat diskusi kearsipan kepemiluan di Media Center KPU Kabupaten Sijunjung.

Taufiq mengatakan Pemilu sebagai sebuah iven besar dengan biaya yang mahal mesti diselamatkan arsipnya agar tidak kehilangan jejak. “Khusus untuk pemilu tahun 2004 dan pilkada 2005 arsipnya banyak yang tidak ditemukan, itu sayang sekali karena itu merupakan informasi penting dalam perjalanan sejarah demokrasi bangsa kita,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang Pengelolaan Arsip Inaktif Badan Perpustakaan dan kearsipan Provinsi Sumbar, Kiswati SS, MPA mengatakan, kerja sama yang dilakukan ini sebagai tindak lanjut dari nota kesepahaman antara KPU RI dengan Badan Perpustakaan dan Kearsipan Nasional. “Kami akan berada di kantor KPU Sijunjung ini selama dua hari untuk menunaikan maksud di atas. Arsip Pemilu merupakan dokumen yang mesti diselamatkan karena arsip itu berisi catatan-catatan, dokumen dan hal lainnya tentang penyelenggaraan kepemiluaan,” kata Kiswati.

Selain itu, arsip KPU Kabupaten Sijunjung juga akan di pajang di pustaka Kabupaten Sijunjung. Semua arsip itu akan menjadi bacaan public dengan nama pojok Pemilu.(rel/dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*