KPU Sosialisi Cara Memilih Pada Penyandang Tunanetra

  

  Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang melakukan sosialisasi dan simulasi pemungutan suara kepada 80 orang penyandang tuna netra yang ada di Kota Padang.

KPU sosialiasi langsung menggunakan huruf braile pada penyandang disabiltas.
Sosialisasi ini dibutuhkan agar penyandang tunanetra dapat meminimalisasi kesulitan yang mungkin mereka hadapi saat serta untuk meningkatkan partisipasi pemilih tunanetra pada Pilkada Padang 2018 ini.

“Bapak ibu jangan takut untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS), nanti dari penyelenggara akan menyediakan template atau alat bantu dengan huruf braille dan juga nanti ada kolomnya, agar bapak ibu lebih mudah untuk memilih pasangan calon yang diinginkan,” ucap Ketua KPU Kota Padang Muhammad Sawati ketika sosialisasi tersebut.

     Pemilih tunanetra, lanjut Sawati hendaknya bisa memahami pengunaan alat bantu pemilih tunanetra. Alat bantu ini memakai huruf braile yang menjelaskan surat suara Pilwako Padang tahun 2018 nama pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

     Penyandang tunanetra saat di TPS akan dibimbing petugas. “Namun ketika

     Ketika ditanya prihal kendala yang dihadapi oleh penyandang tunanetra pada saat pemungutan suara, salah satu peserta sosialisasi menyampaikan keluhannya, dimana ada penyandang tuna netra yang belum memahami huruf braille, sehingga sulit memilih karena tidak bisa mengenali pasangan calon.

    Ketua kelompok penyandang tunanetra Kota Padang, Martius yang ikut dalam sosialisasi dan simulasi sangat mengapresiasi kegiatan ini.

     “Kami mengucapkan terimakasih kepada KPU Kota Padang yang telah memberi petunjuk bagaimana cara mencoblos bagi penyandang disabilitas tunanetra,” ujarnya.

      Selama sosialisasi itu, KPU juga mempraktikkan pencoblosan sampel surat suara dengan template atau alat bantu dengan huruf braille.

     Satu per satu peserta di panggil lalu mencoblos di bilik suara yang dibantu oleh petugas yang disediakan KPU untuk para pemilih tuna netra tersebut. (der)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*