KPU Sumbar Bakal Evaluasi Pelaksanaan Pemilu 2019

    Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Barat akan melakukan evaluasi terkait hasil pelaksanaan Pemilu 2019.

“Setelah rekapitulasi suara tingkat nasional, pihaknya segera melakukan evaluasi hasil pelaksanaan pemilu,”kata Ketua KPU Sumbar, Amnasmen di Padang.

Evaluasi ini tentunya melibatkan semua pihak, termasuk rekan-rekan media.  “Semua komponen tentunya akan dilibatkan oleh KPU demi kesuksesan pemilu 2024,”ujar Amnasmen.

    Ia menjelaskan, KPU Sumbar sudah memiliki cacatan selama dalam pelaksanaan Pemilu 2019.

    Ini akan disampaikan dalam forum diskusi seperti kesiapan lembaga dalam pelaksanaan pemilu, kesiapan logistik, terkait penyelenggara tingkat KPPS di TPS, perlu dibatasi usia dimana membutuhkan waktu cukup lama dalam rekapitulasi butuh fisik cukup prima.

“Banyak hal perlu dievaluasi selama pelaksanaan Pemilu 2019 demi perbaikan bersama semua komponen masyarakat,”pungkas dia.

Partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mencapai 79 persen. Ini melebihi dari target nasional yakni 77,05 persen.

“Masyarakat Sumbar datang ke TPS gunakan hak suara mencapai 79 persen,”kata Ketua KPU Sumbar Amnasmen di Padang.

    Ia menjelaskan, partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 meningkat bila di bandingkan partisipasi pemilih pada pemilu 2009 hanya 71 persen.

Amnasmen menyatakan dari hasil rekapitulasi tingkat provinsi tingkat partisipasi pemilih melebihi dari target nasional yakni 77,05 persen sedangkan KPU Sumbar hanya menargetkan 75 persen partisipasi pemilih gunakan hak suara.

“Pihaknya bersyukur dan berterima kasih pada masyarakat Sumbar mau datang ke TPS gunakan hak suara pada Pemilu 2019,”ungkap dia.

    Menurut Amnasmen, tingginya partisipasi pemilih pada pemilu 2019 disebabkan dilaksanakan pemilu serentak yakni Pilpres, pileg.

“Tingginya partisipasi ini karena antusias masyarakat Sumbar terhadap peroses pemilih cukup bagus, gencarnya sosialisasi baik dilakukan kpu maupun parpol serta pihak terkait lainnya,”ungkapnya.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas