KPU Sumbar Survey Kesiapan Payakumbuh, Anggaran Menunggu Keputusan Pusat

KPU Sumbar, KPU Payakumbuh bersama Walikota Riza Falepi

KPU Sumbar, KPU Payakumbuh bersama Walikota Riza Falepi

Advertisements

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumbar meminta agar panduan penggunaan anggaran bisa diacu ke penggunaan anggaran Pilkada 2015. Sebab, sampai hari ini, standar anggaran biaya (SAB) Khusus belum juga ada sebab aturan perundang-undangan menyoal pelaksanaan Pilkada belum juga dikelarkan dari pusat.

Gambaran ini muncul di pertemuan KPU Sumbar, KPU Payakumbuh, dan Pemko Payakumbuh di Balairung rumah dinas Walikota, Rabu (23/3/2016) siang. Walikota Payakumbuh H Riza Falepi didampingi Plt Sekda Yoherman, Kepala Kantor Kesbangpol Payakumbuh Elfriza Zaharman, Kabag Tapem Edvidel Arda, Kasi Penyusunan Anggaran Aidil Fitri.

KPU Sumbar bersama KPU Payakumbuh berbincang denga n Walikota Riza Falepi soal kesiapan anggaran Pilkada 2017

KPU Sumbar bersama KPU Payakumbuh berbincang denga n Walikota Riza Falepi soal kesiapan anggaran Pilkada 2017

Sementara itu, saat dikonfirmasi tentang permintaan KPU Provinsi Sumbar agar dipakai SAB Pilkada 2015, Kadis Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Syafwal mengatakan anggaran sudah diposkan Rp5 Miliar di APBD 2016. Namun tahapannya harus melewati aturan perundang-undangan.

“Setelah nantinya, UU revisi kelar, PKPU diterbitkan oleh KPU, ada lagi perubahan Permendagri No44 dan No51, Penandatangan NPHD, Penerbitan SAB, tentu semua ini berproses,” ujar Syafwal menjelaskan.

5 Komisioner KPU Sumbar; Ketua Amnasmen, Divisi Perencanaan Program dan Teknis Penyelenggaraan Pemilu Mufti Syarfie, Divisi Keuangan, Logistik, Umum dan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) Fikon, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Data Informasi Dan Hubungan Antar Lembaga Nova Indra, dan Divisi Hukum, Pengawasan dan Organisasi Nurhaida Yetti hadir di pertemuan yang berlangsung satu jam lamanya itu.

Sekretaris KPU Payakumbuh Dipa Surya Persada menjelaskan tentang kesiapan Pilkada 2017 bersama Sekretaris KPU Sumbar kepada Kasi Penyusunan Anggaran Aidil Fitri dan Plt Sekda Yoherman

Sekretaris KPU Payakumbuh Dipa Surya Persada menjelaskan tentang kesiapan Pilkada 2017 bersama Sekretaris KPU Sumbar kepada Kasi Penyusunan Anggaran Aidil Fitri dan Plt Sekda Yoherman

Dari KPU Kota Payakumbuh: Ketua Hetta Manbayu, Divisi Hukum & Pengawasan Ade Jumiarti Marlia, Divisi Logistik, Umum, Keuangan dan Bagian Rumah tangga Haidi Mursal, Divisi Perencanaan dan Teknis Penyelenggaraan Pemilu Muhamad Khadafi, Divisi Sosialisasi Yuzalmon pun ikut serta mendiskusikan hal ini.

Sekretaris KPU Kota Payakumbuh Dipa Surya Persada menyebutkan, awalnya memang anggaran pelaksanaan keseluruhan dimintakan KPU kepada Tim Anggaran Rp16 miliar dari awal hingga usai di 2017. Namun, anggaran kemudian di plot Rp5 miliar termasuk untuk kebutuhan Panwaslu dan Keamanan.

Pemko sendiri, masih membuka ruang bagi penambahan anggaran di APBD Perubahan. Namun, menunggu hasil aturan yang jelas dan pasti.

Risiko anggaran, misal, di Alat Peraga Kampanye, apakah masih ditanggung KPU atau ditanggung pasangan calon. Ini masih belum ada aturannya.

“Baiknya sama-sama kita tunggu aturan dan perundang-undangannya, agar lebih pasti dan legal secara hukum. Namun, prinsip kita, Pilkada ini sangat penting, m makanya kita harus dukung di segi anggaran. Kita akan siapkan jika kebutuhan meningkat di APBD Perubahan,” ujar Syafwal menegaskan.(dsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*