KPU Sumbar Tetapkan 16 Parpol Lolos Verifikasi Faktual

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar menetapkan 16 partai politik (parpol) lolos verifikasi administarsi dan faktual.

“Hasil rapat pleno ditetapkan 16 parpol lolos dan memenuhi syarat untuk ikut peserta Pemilu 2019,”kata Ketua Amnasmen di Padang.

Rapat pleno penetapan dihadir parpol yang ada di Sumbar di salah satu hotel di Padang. Rapat pleno dihadiri diantara Ketua DPW Perindo Sumbar,M.Tauhid,Nasdem yakni Hilda Osmiati Ubani, Datuak Gamuak pengurus DPW Nasdem Sumbar. Juga hadir Amnasmen Ketua Bawaslu Sumbar.

Ia menjelaskan,ada beberapa kreteria yang dilakukan tim verifikator KPU dalam melakukan verifikasi terhadap parpol.

“Item dalam verifikasi dilakukan meliputi yakni status ketua,Sekrtaris serta Bendahara,domisili atau keberadaan kantor parpol serta 30 persen keterwakilan perempuan di kepengurus parpol,”jelasnya.

Sementara itu Nurhaida Yetti Komisioner KPU membenarkan telah dilakukan penetapan hasil verifikasi faktual parpol.

“Tadi dilakukan sidang penetapan verifikasi parpol,”katanya.

KPU Sumbar sudah menyerahkan pada masing-masing pengurus Parpol di Sumbar.

“Pihaknya juga meneruskan hasil ini ke KPU-RI,untuk hasil secara nasional dilakukan oleh KPU-RI dilakukan pada 17 ¬†Februari 2018 di Jakarta,”imbuh Nurhaida Yetti.

Tempat terpisah,Hilda Osmiati Ubani salah satu pengurus DPW Sumbar merasa bersyukur NasDem lolos 100 persen hasil verifikasi dilakukan KPU.

“Alhamdulillah Nasdem ¬†menenuhi syarat untuk 19 kab/kota dari 19kab kota di Sumbar.Hasil ini akan diteruskan ke DPP NasDem,”katanya.

Berikut hasil rapat pleno KPU parpol lolos verifikasi; PAN,NasDem,Perindo,Partai Berkarya,PKPI,PDI-P,PBB,Demokrat.

Kemudian Hanura,Partai Gerakan Perubahan Indonesia, Golkar,PKS,PPP,PSI,PKB serta Gerindra.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*