KPU Turunkan Ratusan Tenaga Periksa Dokumen Pendaftaran Balon Perseoranga

 

Padang-today.com – Komisi Pemilihan Umum KPU Sumbar mengerahkan ratusan orang tenaga untuk memeriksa berkas pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar dari jalur perseorangan.

“Untuk periksa berkas pendaftaran Balon jalur Independen, akan menurunkan ratusan orang, “kata Izwaryani Komisioner KPU Sumbar di Padang.

Menurut dia, tim pemeriksa berkas ini nantinya berasal dari KPU dan ada merekrut orang luar.

“Satu orang perhari bisa memeriksa 2.000 lembar berkas pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gub jalur perseorangan,”ujar dia.

Pemeriksaan berkas nantinya dimulai pukul 08.00 WIB. Bila tenaga pemeriksa masih fit tenaga bisa dilanjutkan sampai malam hari.

“Diprediksi pemeriksan berkas calon gubernur Sumbar dan wakil gubernur calon perseorangan memakan waktu selama dua hari,”jelas Izwaryani.

Dia menyatakan, hingga saat ini baru satu pasangan calon perseorangan yang menyerahkan mandat ke KPU telah mendapatkan kunci password untuk mengisi Silon (Sistem informasi Pencalonan).

Sedangkan kabupaten kota di Sumbar ada 13 pasang. Jadi total calon perseorangan di Sumbar untuk sementara ada 14 pasang,

Menurut dia, penyerahan persyaratan di tingkat KPU Sumbar untuk bakal calon gubernur dan wakil mulai 16 hingga 20 Februari 2020 nanti. Sementara untuk wali kota dan wakil, atau bupati dan wakil muali 19 hingga 23 Februari 2020.

“Aldi Taher baru konsultasi ke KPU Sumbar untuk menanyakan persyaratan untuk menjadi calon gubernur dan wakil gubernur jalur perseorangan,”pungkas dia.(dg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas