KPU Verifikasi Faktual, 1.500 Ganda Eksternal, Kepengurusan Parpol 1 Bulan Sebelum Pendaftaran Calon

Ketua KPU Kota Payakumbuh Hetta Membayu

Ketua KPU Kota Payakumbuh Hetta Membayu

Payakumbuh, PADANG-TODAY.com-Verifikasi faktual yang kini dilakukan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan bersama Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dikoordinir langsung oleh KPU Kota Payakumbuh tengah dilakukan dan dimulai Rabu (24/8/2016). Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuh Hetta Manbayu menyampaikan hal ini di Kantor KPU Payakumbuh di Jalan Braja Sakti Payakumbuh Timur.

“Kita lakukan verifikasi dengan petugas kita koordinasi secara bertingkat, diawasi oleh Petugas Pengawas Lapangan (PPL) dikoordinasi oleh Panwascam, Panwaslih, serta tim pasangan bakal calon perseorangan. Kita sudah meminta dan diberikan surat mandat nama-nama tim pendamping dari kedua pasang bakal calon perseorangan; Welya Syafitri-Rio Mainelda Cai dan Wendra Yunaldi-Ennaidi. Tim yang namanya ada di surat mandat inilah yang bisa mendampingi PPS memverifikasi faktual,” ujar Hetta Manbayu.

Berapa jumlah yang harus diverifikasi faktual. Sesuai aturan dan UU, semuanya. Artinya, jumlah yang telah lolos verifikasi administrasi harus didatangi satu persatu. Ditanyakan apakah benar memberikan dukungan kepada pasangan bakal calon perseorangan yang memiliki KTP dukungan.

Lalu, Hetta Manbayu mengatakan, masih ada sekitar 1.500 KTP yang ganda eksternal. Artinya, berdempet dukungan. Ada KTP dukungan di kedua pasang bakal calon. 1.500 KTP ini tentunya harus diverikasi faktual secara super teliti. Sebab, pembuktian dukungan hanya bisa dilakukan lewat verifikasi faktual.

Secara, tabungan dukungan KTP, setelah melewati verifikasi administrasi, pasangan Welia Syafitri-Rio Mainelda Cai tampaknya harus bekerja lebih keras mengumpulkan dukungan tambahan. Sebab, dalam kisaran 5.000 KTP saja yang baru lolos verifikasi administrasi. Sementara pasangan bakal calon Wendra-Ennaidi, melewati jumlah 11.600-an setelah melewati verifikasi administrasi.

Masa verifikasi faktual ini dijeda waktu selama 14 hari. Artinya, pada 6 September nanti, akan diperoleh data hasil yang akan direkap di tingkat kecamatan dan tingkat kota, pada 12 September 2016.

Soal Parpol

Menyoal persoalan dukungan Parpol, KPU Pusat sudah sangat arif dengan menerbitkan PKPU Nomor 5 Tahun 2016 tentang Pencalonan.

Pada Ayat (1) KPU berkoordinasi dengan Menteri untuk mendapatkan salinan keputusan terakhir tentang penetapan kepengurusan Partai Politik tingkat pusat sebelum masa pendaftaran Pasangan Calon.

Ayat (2) Menteri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) menyampaikan salinan keputusan terakhir tentang penetapan kepengurusan Partai Politik tingkat pusat kepada KPU sesuai dengan permintaan KPU. (3) KPU meminta  salinan  keputusan ke pengurusan Partai Politik tingkat provinsi dan/atau kabupaten/kota kepada Pimpinan Partai Politik tingkat pusat paling lambat 1  (satu)  bulan  sebelum masa pendaftaran Pasangan Calon.

Ayat (4) Pimpinan Partai Politik tingkat pusat menyampaikan salinan keputusan kepengurusan Partai Politik tingkat provinsi dan/atau  kabupaten/kota kepada KPU sesuai dengan permintaan KPU. (5) KPU menyampaikan salinan keputusan Menteri sebagaimana dimaksud  pada  ayat  (2) dan salinan keputusan Pimpinan Partai Politik tingkat pusat sebagaimana dimaksud  pada  ayat (4) kepada KPU Provinsi/KIP Aceh dan/atau KPU/KIP Kabupaten/Kota sebelum masa pendaftaran Pasangan Calon.

Ayat (6) Dalam  hal  pengesahan  kepengurusan  Partai  Politik tingkat kabupaten/kota tidak dilakukan oleh Pimpinan Partai Politik tingkat pusat, KPU Provinsi/KIP Aceh meminta kepengurusan Partai Politik tingkat kabupaten/kota kepada Pimpinan Partai Politik tingkat provinsi sebelum masa pendaftaran Pasangan Calon.  (7) Dalam hal Partai Politik tidak menyampaikan salinan keputusan sebagaimana dimaksud pada ayat (4) dan ayat (6),  Partai  Politik  tidak  dapat mendaftarkan Pasangan Calon.(Dodi Syahputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas