KRPL Bisa Kembangkan Ekonomi Produktif

Kepala Kantor Ketahanana Pangan Kota Padang Tarmizi Ismail bersama Siswita dan  Zaidir dari Ketahanan Pangan Sumbar pada Bimtek Ketahanan Pangan 2014 di hotel Bumi Minang Rabu (15/10) Yurizal.

Kepala Kantor Ketahanana Pangan Kota Padang Tarmizi Ismail bersama Siswita dan Zaidir dari Ketahanan Pangan Sumbar pada Bimtek Ketahanan Pangan 2014 di hotel Bumi Minang Rabu (15/10) Yurizal.

Padang, PADANGTODAY.com-Penyelenggaraan pangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil, merata, dan berkelanjutandengan berdasarkan pada kedaulatan pangan, kemandirian pangan dan ketahanan pangan. Semua ktu berarti bahwa dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumsi pangan masyarakat sampai pada tingkat perseorangan. Hal ini disampaikan Walikota Padang diwakili Asisten II Pemko Padang Eviet Nazmar pada pembukaan kegiatan Bimtek Ketahanan Pangan Kota Padang tahun 2014 di hotel Bumi Minang, Rabu (15/10).

Jadi, untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan tersebut, bisa dilakukan melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dimana hal ini sudah dilakukan masyarakat sejak dulu, dan hingga kini. Namun, belum dirancang dengan baik, dan sistematis dalam pengembanganya terutama dalam menjaga kelestarian sumberdaya. Oleh karena itu, komitment pemerintah untuk melibatkan rumah tangga dalam mewujudkan kemandirian pangan mealui diversifikasi pangan berbasis sumberdaya lokal, dan konservasi tanaman pangan untuk masa depan perlu diaktualisasikan dalam menggerakkan kembali budaya menanam dilahan pekarangan, baik diperkotaan maupun di pedasaan.

“Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) merupakan salah satu konsep pemanfaatn lahan pekarangan, baik dipedesaan maupun diperkotaan untuk mendukung ketahanan pangan nasional dengan memberdayakan potensi pangan lokal yang ada. Maka melalui KRPL ini diharapkan kebutuhan pangan dan gizi keluarga serta mengembangkan ekonomi produktif dapat dipenuhi, “kata Eviet Nazmar.

Sedangkan ketua pelaksana Bintek Ketahanan Pangan Tarmizi Ismail mengharapkan supaya kegiatan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para peserta, yang diikuti para lurah, dan dari kantor camat se kota Padang. Para peserta atau aparat yang bertugas dikelurahan dan kecamatan merupakan ujung tombak dalam pencapaian program dan kegiatan ketahanan pangan. Bintek Ketahanan pangan mengangkat tema “Mewujudkan Kedaulatan dan Kemandirian Pangan melalui Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan.(dil/*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Lewat ke baris perkakas